14 Bisnis Sampingan Mahasiswa, Bisa Cuan Puluhan Juta!

Kursus mata pelajaran umum seperti Bahasa Inggris, Matematika, dan MIPA banyak dicari oleh orang tua murid. Namun selain sebagai tempat menimba ilmu, universitas juga menjadi tempat belajar membuka peluang usaha sampingan bagi beberapa mahasiswa yang kreatif. Bahkan dapat digunakan untuk merintis yang lebih serius, sebagai awal dari bisnis kampus yang nantinya akan ditekuni setelah lulus kuliah. Yang satu ini menjadi peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa yang terakhir.

Nah itulah beberapa pilihan peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil yang bisa dijalankan, semoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda dalam upaya mempertebal isi dompet. Selain itu tentunya untuk mengasah kemampuan berbisnis sejak dini. Peluang usaha modal kecil ini juga layak dicoba buat para mahasiswa. Alasan utamanya, selain mudah dikerjakan dan tidak menggangu jadwal kuliah, juga modalnya hanya sedikit. Jualan gorengan, roti bakar, atau jajanan lain termasuk bisnis yang menjandjikan dan dapat di jadikan sampingan untuk para mahasiswa hasilnya juga tidak sembarang.

Buat kamu mahasiswa, nggak usah khawatir, karena usaha-usaha berikut ini hanya butuh modal di bawah Rp 1 juta. namun menjalankan usaha ini harus jujur tidak boleh mengambil barang orang lain ketika sedang mendapat orderan jasa bersih rumah.teman teman bisa promosikan jasa teman teman di media social. Foto via makanan ringan juga banyak dilakoni oleh anak kosan terutama mahasiswa. Peluang usaha sampingan yang satu ini sering dijumpai dikampus – kampus, banyak anak mahasiswa memasuki kelas – kelas dan menjajakan jualan makanan dan minuman mereka. Selain itu, dari banyaknya peluang usaha untuk mahasiswa, pastinya mahasiswa memiliki beberapa dokumen dan arsip penting. Gambar 1.3Kali ini salah satu bisnis yang tidak fokus mencari uang,sebuah bisnis yang memiliki tekankan tidak hanya untuk mencari uang tapi juga mencari pahala.

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang biasanya diborong oleh pelancong yang datang. Sebut saja bakpia Jogja dan aneka keripik dari kota-kota besar di Indonesia. Anda hanya memerlukan kumbung, istilah rumah untuk budidaya jamur tiram. Rumah ini terbuat dari kayu yang fungsinya untuk melindungi bibit jamur dari hujan dan menjaga suhu ruangan.

Untuk Promosinya sendiri kalian bisa memanfaatkan media sosial seperti fb, Instagram, atau media seosial lainnya. Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan promosi antar personal yaitu dengan meminta bantuan teman untuk mempromosikan ke publik. Bagi mahasiswa yang ingin menjalankan bisnis ini cukup dengan membuat selebaran sebagai sarana promosi, kendaraan sebagai alat transportasi, dan pemahaman materi sesuai kurikulum. Untuk kali ini mungkin jenis makanan ini bukanlah makanan yang harus diburu oleh pemburu kuliner, karena ini adalah makanan kewajiban setiap orang untuk menyantap makan siang ataupun malam.

Influencer adalah orang yang memiliki pengikut banyak di akun media sosial dan memiliki pengaruh kuat untuk followers mereka. Dan dominannya saat ini lebih ke artis, selebgram, dan youtubers. Apalagi jika bidang studi kuliah anda adalah bahasa inggris, pastinya peluang bagi anda mengambil jenis bisnis ini sangat besar. Sudah diketahui sendiri bahasa inggris adalah bahasa internasional yang digunakan hampir seluruh masyarakat dunia untuk berinteraksi dan berkomunikasi.

Dengan kerja sampingan, kamu bukan hanya mendapat uang tambahan, kamu juga jadi belajar banyak hal. Seperti disiplin, manajemen waktu yang baik, menambah pengalaman, mengisi waktu luang, dan lain-lain. Sebagai mahasiswa, kamu harusnya bisa belajar untuk lebih mandiri, salah satunya dalam hal keuangan. Dengan modal yang tidak terlalu besar, bisnis ini bisa mendapat penghasilan yang cukup banyak dan menguntungkan. Maka dari itu banyak perusahaan start up dan fintech berlomba lomba menciptakan aplikasi berbasis on-line untuk bisnis jual beli pulsa dan PPOB .

Memboyong menu khas asal Singapura yaitu Salted Egg Chicken, Eatlah berusaha menyajikan konsep bisnis yang recent. Seperti segi kemasan yang menggunakan konsep Chinese Food Box, yang dipopulerkan langsung di negara Cina dengan kesan yang casual, trendi dan unik. Tak lupa, mereka juga memanfaatkan jaringan on-line untuk mempromosikan produk mereka baik di media sosial, hingga penggunaan jasa online supply.

Usaha yang cocok bagi mahasiswa

Yang perlu Anda ingat dalam usaha ini adalah usahakan untuk menghindari hutang meskipun itu teman Anda. Karena hal tersebut nantinya akan berdampak buruk pada kembalinya modal pulsa Kong4D yang Anda miliki. Anda bisa mempromosikan diri dalam menjadi guru pembimbing dengan cara langsung atau lewat media sosial yang sekarang ini sudah dimiliki oleh kebanyakan orang.

Salah satu hal yang paling menantang ketika mencoba mencari peluang usaha untuk mahasiswa adalah menemukan bisnis yang tepat dan tidak mengganggu kuliah. Berjualan coklat secara online jelas merupakan jawaban yang tepat. Karena kamu bisa atur sendiri waktu kapan kamu akan berjualan dan kapan kembali fokus ke kuliah dan tugas.