5 Ideas Terbaik Dalam Mengatur Keuangan Setiap Bulan

Karena hutang akan lebih membebani Sedulur, terutama dalam pengelolaan uang bulanan. Dan jika hutang telah dibayar lunas, jangan sekali-kali berani meminjam lagi. Kelola uang dengan baik, agar Sedulur tidak melakukan pinjaman dan memiliki hutang.

Dengan bisa membaca laporan keuangan, maka pemilik bisnis bisa mengetahui arti yang ada dalam laporan keuangannya. Terutama untuk keperluan yang tidak berulang atau jarang, menyewa barang atau alat tentunya dapat menekan biaya pengeluaran. Menyewa barang juga akan menghindarkan dari biaya perawatan alat bila harus membeli.

Karena dengan evaluasi tersebut, kamu bisa memetakan antara pemasukan dengan hal-hal yang dibutuhkan. Pastikanlah pengeluaran tidak lebih besar dari yang kita dapatkan. Meskipun kondisi sedang sulit, bukan berarti harus berhenti berinvestasi. Bahkan, sebaliknya sebisa mungkin usahakan untuk perbanyak menabung dengan cara menyisihkan penghasilan secara ekstra atau mengehemat beberapa anggaran keuangan yang dinilai tidak perlu. Kondisi kirisis saat ini, tidak sedikit karyawan yang mengalami unpaid go away Kong4D hingga lay off, yang berdampak pada hilangnya pemasukan.

Tentu saja sebagai jaga-jaga menggantikan penghasilan utama kamu di kondisi terdesak. Fungsi dana darurat akan sangat terasa ketika jika sumber penghasilan utama benar-benar hilang, apalagi di period pandemi virus Corona atau COVID-19. Nah cara menghitung dana darurat bisa dengan 3, 6, atau 12 kali dari jumlah gaji bulanan kamu.

Ingat, kamu harus berhemat dan tegas dalam mengelola keuangan agar tidak minus setiap bulan. Nah, mulai sekarang kamu harus waspada dan mengendalikan hasrat belanja. Caranya, isi saldo e-wallet seperlunya saja dan hanya gunakan untuk kebutuhan prioritas. Dari sini mungkin kamu akan melihat banyak pengeluaran kecil yang tidak disadari cukup menguras keuangan. Ambil sikap tegas agar kebocoran-kebocoran kecil ini tidak terjadi lagi.

Cara mengelola keuangan usaha memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, Finata dapat diandalkan untuk membantu pengelolaan keuangan setiap organisasi bisnis. Laba menjadi income yang paling dinanti-nantikan karena dinilai sebagai tolak ukur keberhasilan suatu usaha. Namun, sangat disayangkan jika pada akhirnya laba yang diperoleh hanya digunakan sepenuhnya untuk kebutuhan pribadi. Alangkah baiknya jika penghasilan yang diperoleh dapat digunakan dengan lebih bijaksana. Seharusnya, sekecil apapun pengeluaran yang digunakan untuk kebutuhan pribadi atau prive oleh pemilik usaha harus dicatat atau dibukukan.

Tips mengatur keuangan

Itu menjadi salah satu ciri dari seorang pengusaha yang sukses dalam mengatur keuangan bisnis. Cara terbaik menabung adalah menjadikannya sebagai kebiasaan dan rutinitas. Setiap terima duit gaji, yang pertama harus kamu lakukan adalah menyisihkan uang untuk tabungan sebelum membelanjakan untuk hal lain. Luangkan waktu untuk menentukan “The Only One” financial institution yang benar-benar membuat kamu lebih untung dan merasa aman menyerahkan tabunganmu di sana. Menurut survei dari GoBankingRates, milenial jauh lebih boros ketimbang generasi lainnya.

Di toples ketiga, sisihkan lagi 10% untuk bersenang-senang dan menghibur diri. Kamu pasti pernah merasa suntuk dan bosan setelah melakukan kegiatanmu seharian penuh, kan? Maka dari itu, gunakan uang pada toples ini untuk menghibur dirimu. Kamu bisa menggunakannya untuk belanja, nonton bioskop, hangout bareng teman-teman, atau melakukan hal-hal lain yang kamu sukai.