5 Usaha Kreatif Yang Bisa Dimulai Mahasiswa

Banyak orang meninggalkan hobinya untuk mencari pekerjaan, padahal bisnis yang menjanjikan adalah dari hobi kita. Dari hobi yang kita minati akan mendatangkan revenue/pendapatan yang luar biasa. Saya memiliki hobi mendesain gambar saya berpikir untuk meluangkan hobi saya ke dalam bisnis saya.

“Mahasiswa yang berwirausaha tidak menjadikan hidup mereka mudah untuk saat ini, namun itu merupakan investasi untuk masa depan mereka,” ungkap Rizky Candra Kusuma. Anak muda sangat banyak menjalankan usaha jenis ini karena tidak membutuhkan modal besar, bisa dilakukan di waktu senggang dan dijalankan dari mana saja. Anda bisa menemuka beragam jenis produk yang bisa Anda jual sesuai dengan segmen yang Anda bidik. Peluang ini hampir tidak membutuhkan modal selain kemampuan membangun jaringan pemasaran melalui online dengan menggunakan HP Anda. Sedangkan produk yang Anda jual adalah produk orang lain yang memang disediakan untuk dijualkan orang lain. Meski hanya modal HP, edia sosial dan foto produk tetapi mereka bisa mencapai omzet tinggi dan berpenghasilan jutaan dalam sebulan, angka yang hebat untuk anak-anak muda yang masih menuntut ilmu.

Meskipun Alwin mengambil jurusan kuliah yang berbeda dengan apa yang ia lakukan sekarang, di waktu lowongnya Alwin menulis beberapa artikel di media on-line seperti Kumparan, Kompas Muda dan Indonesia. Setiap usaha yang dimulai oleh Alwin selalu ia jalankan dengan fokus, tenang dan tanpa beban. Sesuai dengan pandangan hidupnya, ia tidak mau memberikan usaha yang setengah-setengah, Alwin selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik dari setiap langkah atau kegiatan yang didapatkanya.

Langkah-langkah mahasiswa memulai wirausaha

Warung kopi sendiri bisa hanya buka pada malam hari sehingga cocok untuk mahasiswa yang memiliki waktu kosong di malam hari. Mahasiswa bisa memanfaatkan koneksinya untuk membuat warung tersebut menjadi ramai. Saat teman-teman mahasiswa lainnya ada acara pertemuan, warung ini bisa dijadikan tempat untuk berkumpul. Mahasiswa pria biasanya ada yang memiliki kemampuan dalam hal reparasi barang-barang elektronik, komputer, maupun ponsel. Ini bisa dimanfaatkan untuk peluang usaha anak kost yang cukup menguntungkan.

Dorongan membentuk wirausaha juga datang dari teman pergaulan, lingkungan famili, dan sahabat. Mereka dapat berdiskusi tentang ide wirausaha, masalah yang dihadapi dan cara-cara mengatasi masalahnya. Pendidikan formal dan pengalaman bisnis kecil-kecilan yang dimiliki oleh seseorang dapat menjadi potensi utama untuk menjadi wirausaha yang berhasil. Di negara lain motivasi utama mendirikan bisnis bukan mencari uang semata akan tetapi karena faktor lingkungan yang banyak dijumpai berbagai macam perusahaan, lingkungan semacam ini sangat mendorong pembentukan kewirausahaan.

Dengan terus mengambil bahan baku dan memperlakukan karyawan dengan baik, hal ini pastinya akan menambah kesuksesan tersendiri bagi usaha. Bahkan, Anda dapat membuka bisnis lain saat menemukan ide atau konsep bisnis selanjutnya. Dalam menentukan konsep, Anda harus benar-benar memikirkannya dengan cermat agar segala sesuatu dapat berjalan sesuai rencana. Berapapun modal untuk memulai usaha, pastikan Anda mengolahnya dengan benar. Sebab, ketika salah mengelola keuangan untuk modal maka akan sulit memulai usaha. Anda harus menentukan berapa modal yang akan dibutuhkan ketika hendak membangun usaha.

Karena selain kerjanya yang pada umumnya relative santai, menjaga warnet juga tentu akan memberikan keuntungan tersendiri buat kalian. Meskipun umumnya hanya menghasilkan pendapatan yang tidak terlalu banyak namun pekerjaan ini terbukti dapat memberikan kepuasan sebab adanya proses switch ilmu pengetahuan. Minimal uang yang nanti Anda peroleh dari peluang usaha yang satu ini dapat Anda jadikan sebagai tambahan jajan atau untuk di tabung. Hitung-hitung Anda bisa beramal dengan cara membagikan ilmu yang Anda miliki. Peluang usaha yang satu ini juga sangat cocok bagi kalian para calon tenaga pendidik apalagi pelajaran yang di sesuaikan dengan konsentrasi kuliah kalian. Kalaupun tidak, dengan menjadi seorang guru atau tentor maka secara otomatis akan dapat terus mengasah kemampuan Anda dan otak Anda serta mampu berbicara di depan orang lain.

Selain itu, dengan banyak pengetahuan, Moms juga bisa belajar menciptakan inovasi tersendiri agar beda dari yang lainnya. Tanpa modal, Moms tidak akan bisa memulai usaha Moms karena modal memang merupakan hal esensial dalam membuka usaha. Jangan khawatir jika hanya punya modal seadanya karena kini banyak usaha modal kecil yang bisa maju Kong4D karena keuletan dan kreativitas. “Selama pandemi ini, pasti konsumen lebih tertarik barang yang ada di media sosial, seperti e-commerce. Maka dari itu, kita bisa juga kita berjualan di e-commerce, serta memperhatikan cara agar pembeli tertarik untuk membeli lewat akun usaha kita di tengah usaha orang lain yang sudah besar,” tutup Ayu.