6 Tips Memulai Usaha Untuk Anak Sekolah

Berbisnis sambil kuliah kini menjadi salah satu pilihan yang banyak ditempuh oleh para mahasiswa. Hal ini turut didukung dengan fleksibilitas waktu dan tenaga ekstra yang memungkinkan mahasiswa untuk mencoba peruntungan melalui kegiatan bisnis. adalah suatu istilah yang merepresentasikan orang-orang yang aktif membangun usaha atau bisnis saat berstatus sebagai pelajar.

Dari pagi sampai malam, para pramuniaga yang ramah selalu menyapa melayani para pembeli di gedung yang bernilai Rp. Abdul Latief menyesalkan berdirinya beberapa pusat pertokoan fashionable di Jakarta, yang jelas-jelas mematikan pengusaha kecil dan tradisional. Industri kecil itu sepertinya tidak mendapat tempat untuk hidup, sebab ia memang tidak mempunyai kemampuan bersaing dengan pengusaha modal besar. Gejalanya, memang pengusaha sekelas raksasa masuk ke pasar tradisional. Mestinya pemerintah mencegah para pemodal kuat itu untuk tidak sembarangan masuk ke pasar yang pangsa pasarnya merupakan lahan pengusaha kecil. Ketika salah satu pasar swalayan terbesar di dunia dari Jepang, yaitu SOGO, membuka cabangnya di Indonesia, Abdul Latief termasuk salah seorang yang bersuara keras menentang kehadirannya.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Jualan ikan asin merupakan usaha di desa yang memiliki pasar yang cukup luas, bahkan sampai dengan ke mancanegara. Oleh karena itu, diperlukan riset yang baik mengenai komoditas ikan yang paling dicari di daerah anda, kota-kota besar di Indonesia, ataupun pasar luar negeri. Hal yang paling penting dari bisnis untuk di desa ini adalah pasokan bahan baku ikan dan lahan untuk menjemur. Usahakanlah untuk membeli ikan langsung dari nelayan agar dapat menghemat modal yang dikeluarkan. Ikan Asin dapat dijadikan usaha di daerah pedesaan yang cukup potensial, utamanya desa yang berada di dekat laut, sungai, danau, ataupun desa yang memiliki banyak empang. Jika membuat Stasiun Pengisian Bahan Bakar membutuhkan dana yang sangat besar, beda halnya dengan pom bensin mini atau Pertashop yang bekerjasama dengan Pertamina.

Berkat beras pula, Joko berkenalan dengan nur, anak seorang pengusaha penggilingan padi di Yogyakarta. meski tak jatuh cinta pada pandangan pertama, tapi perlahan benih-benih cinta tumbuh di hati keduanya. bisnis jual beli beras rintisan Joko tetap berlanjut pascamenikah.

Baginya komunikasi dan mendekatkan karyawan merupakan bagian yang tak terpisahkan. Konsep itu ia jalankan meski di antara mereka merupakan pekerja senior dan memulai karir sejak perusahaan yang didirikan orang tuanya dirintis. Bahkan perusahaan yang telah dibangun sejak tahun 1950 itu terus mengibarkan layanan hingga ke pulau Sumatera. Karena PO Muncul telah mempelopori dalam memberikan layanan Patas,” kata Rudy saat bertandang di kantor cabang Bank Perkreditan Rakyat Weleri Makmur Surakarta, pertengahan April lalu.

Dengan setiap sekolah yang memiliki uang kuliah sendiri, harga sebuah program EMBA bervariasi. Biasanya paling baik menghubungi universitas secara langsung untuk menentukan harga pastinya. Ia minta pensiun dari jabatannya di salah satu direksi anak perusahaan. Sekarang ia jadi ‘dosen’ untuk dua anaknya yang jadi pengusaha IT. “Sambil momong cucu,” ujar Ali yang kini punya three cucu dari dua anaknya itu.

Jika Anda tetap memaksakan diri Anda, maka tidak menutup kemungkinan jika bisnis yang Anda jalankan tersebut tidak dapat berjalan dengan lancar. Sering kali seseorang pegawai yang membangun bisnis sambil bekerja akhirnya pun mendapatkan keuntungan yang melebihi pendapatan mereka dari tempat bekerja, sangat menarik, bukan? Mungkin karena inilah banyak pegawai yang mulai memikirkan untuk mendirikan sebuah usaha di samping bekerja sebagai karyawan. Dari waktu awal buka ada anak kecil ada, orang tua ada dan ternyata banyak yang suka. Dan dari ilmu yang Ia peroleh dari sekolah Ia gunakan untuk mewujudkann impiannya menjadi pengusaha muda minuman kekinian.

Saya dinasihati orang tua kalau usaha saya seperti itu terus tidak mendapat apa-apa. Setelah beralih usaha dengan menjual gorengan, keuntungan yang didapatkan Awi setiap harinya bisa dikatakan cukup besar. Setiap hari rata-rata ia mendapatkan keuntungan dari berjualan gorengan sebesar 300 ribu rupiah. Dari hasil keuntungannya itulah Awi bisa membiayai hidup dan pendidikannya sendiri, tanpa memberatkan orang tuanya sedikit pun. Keinginannya untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Yogyakarta, rupanya disambut baik oleh orang-orang yang sangat disayangnya. Dari orang tuanya pula ia mendapat sifat pekerja keras dan pantang menyerah.