Agar Tak Tertular, Ini Cara Mencegah Virus Corona Versi Who

Karena menurut studi dari New England Journal of Medicine, virus corona covid-19 ini dapat bertahan di aerosol selama 10 hingga 30 menit di udara dan karena adanya gravitasi dapat jatuh dan menempel di benda sekitar. Oleh karena itu, para dokter menyarankan untuk melakukan olahraga di dalam ruangan agar terhindar paparan virus covid 19. Mencuci tangan menggunakan sabun yang mengandung antiseptic terbukti menjadi cara yang paling efektif untuk membunuh virus covid 19 ini. Waktu yang paling efektif untuk mencuci tangan adalah sebelum menyetuh makanan, setelah buang air besar atau kecil, setelah beraktivitas, dan sebelum menyentuh mulut, hidung, dan mata. Etanol dengan konsentrasi minimal 60% sudah diketahui dapat melarutkan bagian lipid atau lemak dari dinding virus sehingga virus akan rusak. Karena etanol juga mampu larut dengan air, maka sangat menguntungkan karena dapat melarutkan virus yang amplopnya bersifat larut air (non-lipophilic virus).

Jika yang terinfeksi adalah dirimu sendiri dan kamu tinggal sendiri, maka mengatur isolasi tidak terlalu sulit. Tantangan yang dihadapi adalah terus memantau gejala dan merawat dirimu sendiri. Pastikan memiliki perencanaan untuk mendapatkan makanan dan obat-obatan yang diantar ke rumahmu dan cari seseorang yang bisa membantumu memeriksa keadaan secara rutin. Pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 pun bisa terinfeksi kembali. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari. Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan bathroom, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. Cuci tangan juga penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI. Jika Anda adalah pekerja komuter yang berada di dalam transportasi umum, akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman. Artinya, masyarakat bisa bekerja dari rumah dan menghindari tempat-tempat ramai.

Namun selain itu, Anda juga dianjurkan memiliki seprai pribadi yang tidak boleh digunakan bersama. Saat diharuskan untuk melakukan isolasi diri, Anda dapat mulai memiliki peralatan makan sendiri seperti sendok, garpu, piring, dan gelas. Tahukah kamu kalau orang dengan daya tahan tubuh yang kuat berisiko lebih kecil untuk terkena Corona Virus? Kalaupun terkena kemungkinan untuk sembuhnya jauh lebih besar. Jadi sebelum bermain di Trans Studio Bandung sebaiknya kamu mengkonsumsi multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti diketahui penularan Corona Virus terjadi antar manusia dengan manusia lainnya.

Saat ini masa inkubasi COVID-19 diperkirakan antara 2-11 hari, dan perkiraan ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai perkembangan kasus. Berdasarkan information dari penyakit akibat coronavirus sebelumnya, seperti MERS dan SARS, masa inkubasi COVID-19 juga bisa mencapai 14 hari. Namun orang yang lebih tua dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya tampaknya lebih rentan untuk menderita sakit parah. Petugas kesehatan yang merawat pasien yang terinfeksi COVID-19 berisiko lebih tinggi dan harus konsisten melindungi diri mereka sendiri dengan prosedur pencegahan dan pengendalian infeksi yang tepat. Virus penyebab COVID-19 dan SARS berasal dari keluarga besar virus yang sama, namun dengan jenis yang berbeda. Gejala SARS mirip dengan COVID-19, namun dengan kondisi/gejala yang lebih berat.

“Buatlah kegiatan yang menyenangkan yang mungkin bisa dilakukan saat isolasi mandiri.” Radesky menyarankan menemukan orang luar yang bisa membantu untuk mengantarkan bahan-bahan makanan dan obat-obatan. “Jika tidak memiliki teman atau tetangga yang bisa membantu mengantarkan bahan makanan atau barang-barang penting, cobalah cari apakah toko-toko lokal dapat mengirimkan barang-barang untukmu,” kata Radesky. Jika penderita Covid-19 adalah anggota keluargamu atau seseorang yang tinggal satu atap denganmu, pastikan anggota keluarga lainnya tetap sehat.

Langkah tepat jika terkena Covid

Di samping itu, hindari untuk sering menyentuh bagian mulut atau hidung dengan tangan. Sebab dikhawatirkan virus corona yang menempel di tangan kemudian akan menyebar lebih luas lewat mulut atau wajah. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah virus corona menyebar. Usahakan semaksimal mungkin untuk membantu anak terhindar dari penularan virus corona. Jika berpijak dari ketentuan Undang-Undang No. 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Padahal setiap hari sudah minum vitamin C 1000mg dan air empon rempah untuk menjaga kebugaran.” Membawa suami untuk menjalani tesswabjuga butuh perjuangan hingga agak setengah memaksa. Pasalnya, sang suami masih berusahapositive thinkingdan enggan percaya bahwa dirinya kemungkinan terkena virus corona. Sikap menyangkal inilah yang menurut Femy, perlu kita hindari sejak awal jika kita mengalami suatu gejala. Tetapi istilah isolasi mandiri untuk orang sakit, sementara kalau sehat, dinamakan karantina mandiri. Jika Anda suspek atau sudah positif kena Covid-19, dapat melakukan isolasi mandiri.