Babi Ngepet ~ Ensiklopedia Dunia

Setelah itu, si pelaku ritual harus memakan kotoran dari siluman babi tersebut agar bisa mengubah diri menjadi babi. Berbicara mengenai babi ngepet, berikut ini beberapa fakta menarik mengenai salah satu bentuk pesugihan tersebut seperti yang dilansir bacatulisan.com Jumat 14 Juli 2017. Orang-orang sejahtera itu dilabeli sebagai penggandrung dunia gaib. Mereka berkeyakinan bahwa orang bisa kaya dengan cara memiskinkan orang lain.

Dari cerita itu, AI merekayasa informasi kepada warga Kampung Bedahan bahwa itu akibat babi ngepet. Dijelaskan, ritual pesugihan babi ngepet ini harus dilakukan oleh 2 orang, yang biasanya pasangan suami dan istri yang sudah kehilangan akal sehatnya. Usai berubah wujud menjadi makhluk yang menyerupai celeng, si pelaku harus berkeliling ke rumah penduduk untuk mengambil uang mereka secara gaib. Setelah itu, barulah si pelaku pesugihan melakukan aksinya untuk mencuri uang atau harta lain milik orang lain, supaya bisa menambah kekayaannya. Dirinya meyakini, babi ngepet yang berhasil ditangkap ini merupakan “peliharaan” orang. Ia mengancam jika tidak ada pihak keluarga atau kerabat dari si wujud asli babi ngepet ini, bakal dibunuh oleh warga.

“Orang yang memiliki elmu ini memakan kotorannya dan percaya bahwa mereka akan menjadi kaya,” terang Drewes dalam “Elmoe Ngopet” di Djawa, Agustus 1929. G.W.J. Drewes, indolog dari Belanda, memaparkan likantropi di Hindia Belanda dapat berjenis nyegik, ngetek, dan ngipri. Pada ngipri, orang berubah jadi ular,” tulis Drewes dalam “Verboden Rijkdom Een Bijdrage tot de Kennis van het Volksgeloof op Java en Madoera” termuat dalam Djawa, Agustus 1929. Itulah fakta-fakta mengenai babi ngepet yang viral setelah diduga ditemukan di Depok. Hingga saat ini pun tidak ada bukti ilmiah yang dapat menyatakan bahwa hewan ‘jadi-jadian’ itu benar adanya dan dapat kembali berubah wujud. So, Bela, tetap bijak untuk menanggapi mitos-mitos dan kepercayaan yang ada, ya.

R. Tresna, seorang penulis di Djawa, Agustus 1929, juga mengisahkan mitos babi ngepet di Cimacan, Sukaraja, Sumedang . Dalam artikelnya, “Bijgeloof Inzake Njegik”, Tresna mendapatkan sumber cerita dari tuturan masyarakat setempat. Drewes menyebut putri babi itu bisa memberikan kekayaan pada orang yang memintanya. “Tapi syaratnya orang itu harus menjadi budaknya,” terang Drewes.

Cara kaya dari babi ngepet

Semua uang akan masuk ke dalam kantong babi ngepet yang umumnya tersimpan di jubah hitam yang dikenakan saat ritual. Ada pula yang bilang bahwa uang akan mendadak muncul di sebuah tempat lebar yang disediakan di rumah si pelaku babi ngepet. Istilah ini dikenal sebagai salah satu cara seseorang yang ingin kaya dengan cara immediate dan tidak jujur.

Meski ada syarat yang cukup berat, tampaknya menjadi tajir dalam waktu singkat membuat mereka hilang akal. Konon dalam ritualnya setelah berhasil melakukan transformasi, maka dilanjutkan dengan langkah aksi yang musti dilakukan minimal oleh dua orang. Si Pelaku pertama harus mengenakan jubah hitam untuk menutupi tubuhnya. Inilah sosok siluman Kong4D babi yang akan menjalankan aksinya, meski umumnya dilakukan oleh kaum lelaki, terkadang ada juga perempuan yang nekad. Dengan cara ajaib ini, si babi tak perlu harus menerobos masuk ke dalam rumah seperti tuyul sehingga kemungkinan untuk kabur lebih besar. Pertanyaan-pertanyaan tersebut bukan persoalan yang mudah untuk dijawab.