Badan Pengawas Obat Dan Makanan

Para lansia yang memiliki riwayat penyakit ini diharapkan untuk kontrol dulu ke dokter. Artinya apabila tubuh lansia terpapar virus, respon tubuh dalam membentuk antibodi terjadi lebih lama daripada usia produktif. Melalui riset yang telah dilakukan, maka Kemenkes menerbitkan peraturan khusus bagi lansia, yakni suntikan booster dilakukan setelah 28 hari suntikan pertama,” ujarnya. Liputan6.com, Jakarta Penelitian menyebutkan efek samping dari vaksinasi COVID-19 pada lanjut usia sejauh ini tidak terlalu parah, efek vaksinasi pun dapat diminimalisasi dengan berbagai cara. Kementerian Kesehatan menyiapkan surat edaran yang akan membuat lansia bisa divaksinasi di fasilitas kesehatan dekat tempat tinggal.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan juga memperbarui kondisi orang yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19. Mengenai batasan maksimal usia lansia yang bisa divaksin, Nadia menyatakan, tidak ada batas maksimal. Adapun contoh organisasi dan institusi yang dapat menyelenggarakan vaksinasi, misalnya, organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri, atau Veteran Republik Indonesia. Sementara untuk pilihan kedua adalah mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Jika telah mendapatkan vaksin, lansia harus menunggu 30 menit di dalam mobil untuk observasi. Sebelum vaksin, lansia akan menjalani pemeriksaan skrining sesuai protokol Kemenkes guna memastikan kelayakan untuk mendapatkan vaksin Sinovac.

Setelah itu lansia akan menerima SMS notifikasi dan penjadwalan vaksinasi beserta lokasi Fasilitas Kesehatannya. “Sejauh ini untuk lansia diprioritaskan karena risiko bagi lansia yang terpapar Covid-19 lebih tinggi dibandingkan selain dari tenaga kesehatan,” ungkap Bupati. Dikutip dariCNN Indonesia, vaksinasi tahap kedua ini akan menggunakan vaksin produksi PT Bio Farma yang berasal dari bahan baku mentah milik Sinovac. Vaksin COVID-19 ini juga telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan . Penyuntikan vaksin akan dilaksanakan di dalam ruangan IGD non infeksius, dan observasi pasca vaksinasi untuk melihat kejadian ikutan pasca imunisasi , misalnya mengetahui apakah ada alergi atau tidak pada penerima vaksin.

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah menyatakan sekitar 7,5 juta dosis vaksin siap didistribusikan ke 34 provinsi pada Februari 2021. Vaksinasi tahap kedua akan fokus di provinsi wilayah Jawa-Bali sehingga vaksin akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi yang ada saat ini. Golongan masyarakat lanjut usia dengan usia 60 tahun ke atas jadi salah satu kelompok prioritas pada program vaksinasi tahap kedua. Bisnis.com, JAKARTA – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia dan petugas pelayanan publik sudah masuk tahap 2. H. A.R. Sutan Adil Hendra, MM mengatakan bahwa orang berusia lanjut atau lansia Jambi harus menjadi prioritas dalam program vaksinasi virus corona (Covid-19) yang dilakukan pemerintah.

Vaksin bagi lansia

Orang lanjut usia memerlukan jarak 28 hari untuk vaksinasi Covid-19 kedua, berbeda dari kategori penerima vaksin berusia 18—59 tahun yang perlu jarak 14 hari. Skrining dapat dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing atau di Posyandu lansia/ Posbindu PTM/ Puskesmas, Rumah sakit, Dokter Praktik, atau tempat lain yang disepakati bersama. Pelaksanaan tahap kedua vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat lansia tengah dilakukan di beberapa wilayah Jakarta Utara. Keterbatasan informasi mengenai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 membingungkan warga lanjut usia yang menjadi sasaran vaksinasi. Hal itu menghambat upaya percepatan vaksinasi yang menjadi kunci pengendalian pandemi.

Untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi di setiap tempat pelaksanaan vaksinasi harus menyediakan contact particular person perwakilan dari vocal point dari kabupaten/kota atau provinsi tersebut. Contact particular person tersebut harus dapat dihubungi oleh panitia penyelenggara ataupun pasien. Saat ini 7 juta vaksin sudah siap untuk didistribusikan dan akan segera sampai di 34 provinsi. Vaksinasi ini akan fokus di provinsi yang ada di Jawa Bali sehingga vaksinasi ini akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan sekitar 70 persen dari proporsi vaksin. “Badan POM telah mengeluarkan Informasi untuk tenaga kesehatan yang dapat digunakan sebagai acuan bagi tenaga kesehatan dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi”, tambah Kepala Badan POM.

Menkes juga mengimbau seluruh masyarakat untuk mengajak anggota keluarganya yang berusia lanjut untuk mengikuti program vaksinasi. Selama menjalani proses skrining, lansia wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dengan menerapkan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilisasi maupun interaksi. Pastikan juga lansia telah melakukan pendaftaran dengan dua pilihan prosedur yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mendapatkan vaksinasi. Pemerintah berharap masyarakat berperan aktif mengikuti program vaksinasi ini. Menurut dia, untuk sasaran lansia, akan ada informasi lebih lanjut dari Dinas Kesehatan maupun Puskesmas setempat mengenai jadwal vaksinasi.

Vaksinasi untuk 21 jutaan lansia diprioritaskan bagi warga senior ibu kota di 34 provinsi, khususnya di Jawa–Bali. Pemerintah pusat AS mendorong negara bagian untuk memprioritaskan vaksinasi bagi lansia, tenaga kesehatan, dan warga dengan komorbid. Saat ini, 62,4 persen lansia di AS diperkirakan sudah menerima vaksinasi dosis pertama. Mereka yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap tercatat sekitar 32,2 persen populasi lansia. Terdapat 379,7 dosis vaksin yang sudah diberikan per 1.000 populasi dan 2,three persen populasi sudah vaksinasi lengkap. Perkembangan program vaksinasi di Inggris Raya ini sekarang mencapai 80 persen lansia sudah menerima dosis pertama.

Harianjogja.com, JAKARTA — Cakupan vaksinasi untuk lansia masih tergolong rendah sehingga Pemerintah terus menggencarkan percepatan program vaksinasi bagi warga lanjut usia. Melihat kenyataan di lapangan, Kementerian Kesehatan berupaya keras menggenjot vaksinasi covid-19 untuk lansia agar targetnya bisa segera terkejar. Berikut empat upaya Kemenkes untuk menggenjot jumlah vaksinasi covid-19 pada kelompok lansia. Pada pelaksanaannya terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat baik di puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta. Mulai pekan kedua Februari 2021, vaksinasi Covid-19 memasuki tahap II untuk kelompok lansia dan petugas pelayanan publik.

Saat ini Dubai mulai “roll out” vaksinasi dengan vaksin buatan BioNTech-Pfizer. Untuk diketahui, terkait izin penggunaan darurat vaksin bagi lansia, BPOM juga telah mengeluarkan informasi yang dapat digunakan sebagai acuan bagi para nakes dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi. Hal ini penting mengingat kelompok lansia adalah kelompok berisiko tinggi sehingga pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati.