Cara Mendapatkan Vaksin Covid

Sebagaimana disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin, program vaksinasi adalah salah satu strategi utama untuk menyelesaikan masalah pandemi COVID-19 dan dibutuhkan waktu lebih dari 12 bulan untuk dapat menyelesaikan program ini. Untuk itu, ia berharap dukungan serta partisipasi dari seluruh rakyat Indonesia. Lalu, periode Maret atau April hingga Desember 2021, ditargetkan sixty three,9 juta masyarakat di wilayah kategori risiko tinggi dan 77,four juta orang lainnya dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin. Dipaparkannya, vaksinasi merupakan upaya pencegahan yang spesifik atas suatu penyakit.

Dari ketiga cara mendapatkan vaksin Corona COVID-19 yang sudah dijelaskan memang sebagian besar mengandalkan ponsel. Untuk menjawab kegelisahan ini, pemerintah sudah menyiapkan upaya penanganan tepat sesuai Juknis. Dari sini, bisa diketahui apakah nama dengan NIK tersebut terdaftar sebagai calon penerima vaksin Covid-19 atau tidak.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan kemungkinan vaksinasi COVID-19 mandiri bisa dilakukan oleh korporasi, dengan syarat untuk semua karyawannya bukan hanya untuk direksi dan jajaran atas perusahaan saja. Kalau menurut saya, sebelum divaksin tentu akan ada pemeriksaan terlebih dahulu, apakah kita bisa menerima vaksin atau tidak. Sebagai warga negara yang baik, tentu kita harus menaati imbauan pemerintah untuk membantu meningkatkan imun tubuh agar kita terhindar dari Covid-19. Ia pun mengajak masyarakat bersyukur sebab masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari meskipun pandemi COVID-19 belum selesai.

Penerima vaksinasi Covid-19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor WA itu dengan mengetik kata kunci ‘vaksin’. Setelah itu akan ada konfirmasi bahwa penerima vaksinasi adalah tenaga kesehatan. Selanjutnya, tenaga kesehatan penerima vaksinasi diminta mengirimkan enam angka terakhir nomor induk kependudukan untuk mendaftar dan tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.

Layanan ini bertujuan mempermudah penerima vaksinasi Covid-19 melakukan registrasi di mana pun. Sementara itu, registrasi melalui WA tersebut hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Setelah terverifikasi, tenaga kesehatan dapat mendaftarkan diri untuk membuat janji di fasilitas kesehatan sekitar dan mendapatkan konfirmasi terkait waktu dan tempat pelaksaan vaksin. Jika tenaga kesehatan tidak terdaftar, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui chatbot. Mulai 13 Januari 2021, vaksinasi Covid-19 untuk mengatasi pandemi telah dimulai. Lantas berikutnya diikuti oleh para menteri kabinet, Kapolri, PTNI, pimpinan lembaga negara/pemerintahan, tokoh-tokoh agama, pimpinan organisasi kemasyarakatan, kepala daerah, hingga pedagang sayur.

Vaksin dari pemerintah

, TANGERANG – Bea Cukai Soekarno-Hatta memberikan asistensi terhadap impor vaksin Covid-19, sebagai wujud nyata mendukung program percepatan vaksinasi pemerintah. Bambang melanjutkan, jika semua penduduk mendapat vaksin maka vaksin yang dibutuhkan 500 juta dosis lebih. Bambang mengatakan, dengan perkiraan kebutuhan vaksin sekitar 353 juta dosis maka anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 26,5 triliun. “Ini sudah memberikan indikasi bahwa Indonesia harus bisa paling tidak, bukan maksimal, minimal harus bisa menyediakan 353 juta dosis vaksin dengan asumsi hanya dua kali,” kata Bambang. Lebih lanjut, Airlangga pun menjelaskan bahwa vaksin gotong royong ini akan diprioritaskan berdasarkan zonasi prioritas juga pada perusahaan-perusahaan yang sudah mendaftarkan diri ke Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah memberikan kesempatan bagi para remaja untuk mendapatkan vaksin Covid-19 free of charge. Vaksin mandiri ini juga bisa diikuti oleh perwakilan negara asing dan organisasi nirlaba internasional yang sedang bertugas di Indonesia. Fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan perusahaan harus mengikuti besaran tarif maksimal yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Limbah berupa botol bekas vial vaksin yang tidak dimusnahkan membuka celah untuk diperjualbelikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, pengawasan Rumah Sakit perlu diperketat dan diatur secara lebih detil. lni merupakan bagian dari upaya untuk mengembalikan tanggung jawab profesional dan fungsi rumah sakit yang seharusnya menolong kemanusiaan , bukan merusak kesehatan manusia.

Kesiapsiagaan tenaga kesehatan merupakan hal yang penting terutama pelaksanaan vaksinasi pada kelompok lansia. Menurut dia, Indonesia telah menjalin diplomasi untuk mendapatkan komitmen vaksin Covid-19 dari awal pandemi. JAKARTA – Pemerintah masih terus mematangkan program vaksinasi gotong-royong menyusul keluarnya izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization vaksin Sinopharm dari Badan Pengawas Obat dan Makanan . Adapun distribusi vaksin dilakukan oleh PT Bio Farma ke fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta yang bekerja sama dengan perusahaan. Selain jenis vaksin yang harus berbeda, tempat vaksinasi juga tidak boleh sama dengan program vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah.

Hal tersebut, kata dia, tertuang dalam Permenkes Nomor 10 Tahun 2021 yang mengatur kerja sama PT. Bio Farma dengan pihak ketiga dalam pendistribusian vaksin COVID-19 untuk vaksinasi Gotong Royong. “Untuk memastikan prosedur tetap pelaksanaan haji di masa pandemi apabila sudah diperoleh kepastian,” ujar dia. Dalam Undang-Undang No.eight Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, Rizal mengatakan masyarakat berhak mendapatkan hak kesehatan dan fasilitas kesehatan yang berkeadilan. Menurut dia, masyarakat berhak mendapatkan hak kesehatan dan fasilitas kesehatan yang berkeadilan.