Cara Untuk Melindungi Kesehatan Psychological Keluarga Di Tengah Pandemi Coronavirus

Akan tetapi, akan lebih bijak jika kita tidak sembarangan dan terburu-buru pergi ke rumah sakit guna menghindari risiko paparan. Cari bantuan medis dengan lebih dulu menelepon faskes terkait, dan ikuti arahan dari tenaga medis. WHO pun ikut merangkum jumlah kasus yang sudah dilaporkan dan memberikan kebebasan akses untuk masyarakat dunia. Maka itu, Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto mengatakan langkah pencegahan penyebaran virus Corona yang bisa dilakukan adalah menghindari kerumunan. Orang yang sehat juga dianjurkan untuk memakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

Kebijakan pemerintah untuk menerapkan regular baru ini diharap berbarengan dengan kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat sebab covid-19 belum sepenuhnya sirna. Hal di atas dikuatkan dengan siaran pers Presiden di Istana Bogor pada hari yang sama. Presiden menyerukan kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah. Sejak saat itu, pemerintah bersama seluruh lapisan masyarakat mengkampanyekan pembatasan sosial demi mencegah penularan covid-19.

Pakai masker tipe bedah dan jangan lupa untuk mengganti masker secara berkala agar tetap bersih. Jika gejalamu masih ringan, kamu bisa tetap di rumah dan melakukan karantina mandiri, menghindari kontak dengan orang-orang agar bisa mencegah penyebaran virus. Jangan lupa untuk membersihkan rumah dengan cairan desinfektan secara berkala. Covid-19 atau lebih dikenal virus corona merupakan wabah penyakit menular yang saat ini sedang menyerang masyarakat Indonesia. Banyaknya korban yang terkena virus corona membuat pemerintah menghimbau masyarakatnya untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Himbauan itu juga diberikan kepada pemberi kerja agar memberlakukan sistem bekerja dari rumah kepada pekerjanya.

Langkah tepat jika terkena Covid

Jika memungkinkan, anggota keluarga dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu juga harus menjaga jarak minimal 1 meter dari anggota keluarga lainnya. Mereka harus tinggal di rumah dan hanya mengizinkan anggota keluarga lainnya menjalankan tugas rumah tangga. Selain melindungi diri dengan mengikuti anjuran diatas, sebaiknya kita memiliki perlindungan jiwa untuk diri kita dan keluarga dengan Asuransi Jiwa Traveloka. Asuransi Traveloka yang bekerjasama dengan Astra Life memberikan perlindungan menyeluruh, termasuk penyakit yang disebabkan oleh COVID-19 lewat produk AVA iFamily Protection. Masker tidak dianjurkan digunakan oleh anak dibawah 2 tahun atau orang yang belum bisa atau kesulitan menggunakan atau melepas masker sendiri. Kamu bisa mentransfer virus dari tangan ke masker yang kamu gunakan.

Jika tetangga terkena COVID-19, namun keluarga mereka dinyatakan negatif dan tetap #dirumahaja, jangan perlakukan mereka seperti virus. Jaga jarak aman, namun tetap siaga membantu jika mereka memerlukan bantuan . Jika salah satu tetangga Anda berstatus ODP, PDP, atau positif terkena COVID-19 namun harus isolasi diri karena penuhnya fasilitas kesehatan, jangan kucilkan mereka. Dalam situasi ini, tekanan mental dapat menurunkan imunitas mereka dan memperparah penyakitnya. Orang yang memiliki gejala demam dan batuk disertai dengan riwayat kembali dari daerah yang terjangkit baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Berbeda dengan MERS dan SARS yang juga disebabkan oleh corona virus, dimana kedua penyakit ini mempunyai dampak yang sangat besar baik dalam sektor kesehatan maupun sosial ekonomi dunia.

Alasannya, ketika seseorang batuk atau bersin atau bersih, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika terlalu dekat, kamu bisa menghirup tetesan air yang mungkin saja mengandung virus COVID-19. Pengelola tempat umum dan transportasi umum harus menyediakan masker wajah dan/atau tisu yang diberikan untuk seluruh pengunjung dan penumpang yang mempunyai gejala flu atau batuk. Agar tidak melulu bersedih, berikut 20+ ide kegiatan yang dapat Anda lakukan selama isolasi mandiri. Beberapa bahkan bisa Anda lakukan tanpa bantuan gadget dan koneksi internet. Kegiatan mencuci tangan ini wajib dilakukan oleh orang yang merawat Anda, baik sebelum maupun sesudah dari kamar.

Ketimbang mengutamakan perlindungan atas kesehatan publik, Arif menilai pemerintah malah menitikberatkan penanganan “dampak ekonomi” virus Corona. Kendati demikian upaya yang dilakukan pemerintah untuk menangani virus Corona dirasa belum cukup baik. Direktur LBH Jakarta, Arif Maulana, mendesak pemerintah untuk serius melindungi warga negara Indonesia yang terpapar virus Corona.

Jika kamu bertemu teman lama atau orang lain yang kamu kenal saat bermain di Trans Studio Bandung sebaiknya hindari dulu untuk berjabat tangan. Munculnya kasus positif Covid-19 atau Corona Virus di Indonesia menjadi berita yang mengkhawatirkan. Gejalanya yang samar dan penularannya yang cepat membuat banyak orang was-was untuk bepergian, terutama menggunakan transportasi umum atau ke tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian. Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit.

Kekurangan vitamin D ternyata membuat respon imunitas untuk menyerang virus dan bakteri pun menurun. Metode ini sangat direkomendasikan mengingat penularan COVID-19 terjadi melalui percikan cairan pasien yang batuk dan bersin. Apabila terlihat bersin, dianjurkan untuk mencucinya dengan antiseptik dan lakukan 6 langkah cuci tangan selama detik sebagai cara mencegah COVID-19. Justru harus kita dorong, kalau nggak ada gejala harus diam di rumah, karena kalau diam di rumah, imun baik, semoga selama masa 14 hari inkubasi virusnya dia akan sembuh,” jelasnya.