Eight Pertanyaan Penting Pemilik Bisnis Di Tengah Wabah Covid

Jika Anda mahir berbahasa Inggris atau bahasa internasional lainnya, pakai kemampuan tersebut untuk mengajar orang lain. Anda dapat mengajar bahasa inggris through online untuk beberapa siswa dari berbagai negara. Sedangkan knowledge dari Kamar Dagang Industri menunjukkan angka lebih besar. Hingga bulan Mei 2020, sebanyak 6 juta pekerja di Indonesia sudah terkena PHK dan dirumahkan karena banyak perusahaan tidak memiliki cashflow yang normal. Inilah yang menjadi alasan mengapa bisnis online mampu memberikan keuntungan.

Mulai sekarang biasakan untuk membawa perlengkapan kuliahmu sendiri, kurangi meminjam atau meminjamkan perlengkapan kuliahmu ke orang lain. Bukannya pelit, tapi hal ini harus dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19 di area kampus. Walaupun kita di masa perkuliahan new regular, biasakan untuk selalu disiplin di manapun kamu berada dan mulai disiplin untuk menata ulang kehidupanmu seperti sedia kala. Lakukan kebiasaanmu seperti sebelum pandemi mewabah, kurangilah untuk tidur larut malam, biasakan untuk sarapan pagi, berolahraga, dan selalu menjaga kesehatan. Mulailah membiasakan diri untuk mengikuti setiap protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan selalu mencuci tangan saat berkegiatan di luar ruangan, termasuk saat pergi ke kampus. Ini berlaku untuk kamu yang berada di berbagai zona, baik daerah dengan zona hijau maupun daerah dengan zona merah.

Ditambah lagi dengan kesadaran pemerintah untuk memberikan potongan kredit listrik, air, dan kendaraan yang digunakan sebagai penggerak roda ekonomi yang sudah lama dicicil, jangan sampai kendaraan mereka akan hilang ditarik penagih biaya kreditan. Keempat, pemerintah perlu membuat terobosan biaya rendah untuk semua layanan publik bagi seluruh masyarakat. Meningkatkan jaring pengaman sosial , serta menyiapkan berbagai stimulus yang sifatnya tidak tunai tetapi bisa dinikmati oleh semua masyarakat miskin. Krisis ekonomi keluarga, akibat tulang punggung kesulitan mencari penghasilan bahkan menganggur.

Bisnis jasa penerjemah atau translator cocok untuk mahasiswa jurusan bahasa, ataupun yang terampil berbahasa asing. Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal, hanya membutuhkan keterampilan berbahasa asing saja. Jika kamu hobi desain grafis, mengapa tidak cari penghasilan dari hobimu? Kamu bisa menawarkan jasa desain grafis, mulai dari mendesain kaos, kemasan produk, emblem, hingga desain net. Kamu bisa monetize blog dengan ikut Pay Per Click , pasang iklan, atau menjual produk dari weblog tersebut.

Biasanya mereka akan menggunakan jasa penulis lepas untuk mengisi konten artikel di websitenya. Upload konten yang menarik dan gunakan caption yang relatable dengan follower kamu. Perlahan followers kamu akan meningkat dan kamu bisa menawarkan jasa endorsement untuk online store atau perusahaan yang ingin bekerjasama. Saat lagi di rumah aja kamu bisa membuka dan mengelola bisnis online shop kamu sendiri. Saat ini untuk membuat online store tidak sulit, ada banyak market seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual produkmu.

Baik sebagai tempat jual beli, sarana membangun branding, hingga membuat bisnis lebih dipercaya. Faktanya, berdasarkan survei Verisign, 65% pemilik bisnis mengatakan bahwa website dapat membuat bisnis mereka Bandar Slot Online lebih kredibel. Jika terpaksa makan di tempat makan, mereka cenderung membawa alat makan dan minum pribadi. Mereka mampu menjual kopi literan sebanyak 500 botol dalam sehari sejak produk tersebut menjadi tren selama pandemi.

Perusahaan di Bali diimbau laporkan karyawannya yang di-PHK dan yang dirumahkan tanpa upah akibat dampak virus corona Covid-19. Menjadi pekerja lepas atau freelancer adalah cara terbaik untuk menawarkan jasa agar mendapat penghasilan cepat. Selama resesi, kebanyakan orang dan perusahaan mencari layanan ahli secara lepas untuk menghemat keuangan. Usaha yang bersifat oportunis ini justru berkembang saat ekonomi masyarakat terpuruk. Saat AS dan Eropa mengalami resesi tahun 2008, sebanyak 1,sixty seven juta mobil ditarik bank dan perusahaan pembiayaan.

Beberapa situs itu di antaranya Shutterstock, Photoshelter, dan Getty Images. Meski sempat merasakan cuan, bisnis produk karung goni bekas Firza terhenti saat COVID-19 mulai menghantam ekonomi Indonesia. Pandemi telah menggerogoti kegiatan usahanya sehingga harus berhenti produksi selama eight bulan karena tidak ada pesanan.

Bisnis mahasiswa saat corona

Dalam suatu bisnis, tentu teknik pemasaran merupakan hal yang paling wajib dilakukan. Di mana dengan adanya pemasaran, maka peminat produk Anda menjadi semakin banyak. Nah, dengan adanya teknologi yang berupa media on-line, tentu untuk melakukan pemasaran menjadi semakin mudah. Sebagai contoh, saat ini media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan WhatsApp telah digunakan hampir setiap orang, tentunya ini dapat digunakan sebagai peluang untuk memasarkan produk yang Anda jual. Namun, Hashmicro.com merekomendasikan, agar Anda menjual barang-barang yang banyak orang butuhkan selama pandemi virus corona.