Heboh Penangkapan Babi Ngepet Depok, Percaya Gak?

Implikasinya, seseorang hanya dapat menambah kekayaannya jika ia mengambil kekayaan orang lain. Jika proses pengambilan kekayaan tersebut tidak dapat terlihat secara langsung, HK Togel maka entitas gaib diyakini sebagai penjelasannya. Seperti kebanyakan antropolog, ia lebih tertarik memahami fungsi keyakinan tersebut bagi masyarakat Mojokuto.

Dalam beberapa kasus, sosok yang dicurigai bahkan dipersekusi secara terbuka oleh tetangga-tetangganya. Keyakinan tentang makhluk gaib yang dapat membantu akumulasi kekayaan penggunanya, dapat ditemukan pada banyak kebudayaan. Kajian antropologi klasik mengenai agama di di Jawa memiliki catatan tersendiri mengenai tuyul . Hantu serupa anak kecil yang memiliki tugas seperti berkeliling mencuri uang di malam hari. Mirip warga Depok, tuduhan mengenai tuyul di wilayah Mojokuto periode 50-an diarahkan pada warga yang dicurigai tetangganya mengalami lonjakan kekayaan dalam waktu singkat.

Babi ngepet ditemukan warga

Babi ini ditangkap pada Selasa (27/4) dini hari sekitar pukul 00.20 WIB di RT 02 RW 04, Bedahan. Ada warga yang menyebut babi ini memakai kalung seperti tasbih dan ikat kepala yang terlepas saat dikejar. Bahkan, kabarnya ukuran babi ini semakin menyusut sehingga akhirnya diputuskan untuk dibunuh. Ditambah menjelang Iduliftri, konsumsi masyarakat meningkat sehingga kebutuhan uang juga ikut naik. Banyak yang percaya ada orang-orang yang rela melakukan apapun agar bisa mendapatkan uang banyak dalam waktu cepat. Terlihat, Seekor babi hitam yang disebut babi jadi-jadian itu sontak menjadi tontonan warga.

Namun demikian, Rio menyatakan tidak ada yang aneh dengan temuan babi tersebut. Berbeda dengan pengakuan warga yang menyebut babi itu mengecil seiring berjalannya waktu, menurut Rio sejak awal ukuran hewan tersebut regular selayaknya babi hutan. “Saat itu kami langsung melakukan pengejaran dan berhasil menangkap babi tersebut. Meski sempat mengira babi jadi-jadian karena berkeliling malam Jumat, tapi saat diperiksa ternyata babinya asli bukan jadi-jadian,” jelasnya. Dia juga sangat menyayangkan warga memperlakukan babi itu seperti manusia lantaran karena jinak.

Ia menyatakan, wajar jika saat ini warga banyak yang percaya babi ngepet, karena sekarang ini era orang diam di rumah, tapi memiliki penghasilan tinggi. Kejadian ini bermula dari laporan salah satu warga yang kehilangan uang sebesar Rp1 juta selama dua kali, yaitu pada malam Selasa dan malam Sabtu pekan lalu. Kejadian tersebut langsung dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis, seperti tuyul atau babi ngepet oleh seorang warga Sawangan, Depok. Namun, setelah dilakukan investigasi secara lebih lanjut oleh polisi, kejadian babi ngepet di Depok ternyata direkayasa oleh oknum yang berstatus tokoh masyarakat. Lagi-lagi, kejadian ini menjadi hoaks yang sempat menggegerkan masyarakat.

Babi ini membuat warga kampung ketakutan karena bentuknya berbeda dari babi biasa. Tapi tak ada seorang pun yang menghubungkan kehadiran babi dengan Bapa A. Drewes menyebut putri babi itu bisa memberikan kekayaan pada orang yang memintanya. “Tapi syaratnya orang itu harus menjadi budaknya,” terang Drewes.

Kamaruddin menilai fenomena babi ngepet kerap kali muncul di masyarakat di bulan Ramadan. Sebab, intensitas ritual keagamaan umat di bulan ini sangat tinggi. Kemudian tokoh masyarakat atau tokoh Agama di sekitar melakukan pertemuan dan berupaya untuk menangkap dengan cara melakukan wirid. Kondisi babi saat di tangkap,jenis babi hutan, berwarna hitam, sebesar anjing dewasa, memakai kalung kayu berwarna hitam berbentuk tasbeh dan memakai ikat dikepala berwarna merah. “Warga yang menangkap Babi itu dengan cara bugil atau telanjang yakni sekitar lima orang,” kata Iyan Herdiansyah warga setempat.

Beberapa orang yang melakukan pesugihan tersebut terkadang sampai rela untuk memakan kotoran hewan dan memberikan tumbal. Sedangkan untuk menangkap babi ngepet, berdasarkan mitos, orang yang akan menangkap harus telanjang bulat. Geertz mencatat, pesugihan babi hutan itu terkenal sebagai babi ngepet, ama menthek, dan kebleg.

Mungkinkah cerita ini masih bertahan justru karena proses akumulasi kekayaan trendy juga punya kontradiksi-kontradiksi yang sulit dipahami? Mari kita tengok mata uang kripto sebagai instrumen investasi paling mutakhir. Layaknya babi ngepet, mata uang kripto juga bekerja dalam mekanisme yang tidak mudah untuk dipahami sekaligus tidak dapat ditangkap oleh panca indera. Seperti orang pintar, para penambang uang kripto juga memiliki pengetahuan esoterik yang sulit dimengerti oleh orang awam. Seperti banyak cerita gaib, keberadaan instrumen ini juga hari ini menggelisahkan pemerintah sebagai otoritas masyarakat fashionable.

“Kita belum bisa menyimpukan karena faktanya yang kami temukan hanya seekor babi,” ujar Rio. “Soal adanya warga yang sering kehilangan uang kita belum dapat laporannya.” Babi itu untuk sementara diamankan warga sekitar, sebelum diserahkan kepada pihak yang berwenang. Ali juga berharap penemuan babi tidak terulang karena cukup membuat heboh masyarakat kompleks. Namun, setelah ditangkap ramai-ramai, babi tersebut ternyata babi hutan. Setelah ditangkap warga, beberapa paranormal yang memeriksa babi tersebut tidak menemukan tanda-tanda kejanggalan.