Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Lakukan Ini Sejak Mahasiswa

Bila kita memiliki modal itu maka kita bisa memulai bisnis dengan secepat mungkin agar kita cepat menghasilkan uang jajan tambahan. Saya sudah lelah sebenarnya mencari panduan web advertising, bisnis online dengan isi yang berbobot, bertahap, dan jelas lebih praktikal. Namun, seiring perkembangan sektor ekonomi yang lesu di tengah krisis yang melanda dunia, hal ini berdampak pada makin minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Angka pengangguran pun semakin meningkat, dan harga kebutuhan pokok pun semakin meningkat. Selain itu, semakin banyak seminar yang diselanggarakan untuk membangkitkan jiwa bisnis telah juga memegang andil semakin banyak orang yang berani membuka usaha baru dan berusaha sekuat tenaga memajukan usahanya.

Status ‘damaged home’ membuat ia pernah terjerumus ke hal-hal negatif saat usinya masih sangat muda. Setelah lulus dari SMAN 2 Bandung, Reza memilih mencoba merintis usaha ketimbang masuk ke perguruan tinggi. Dengan modal usaha yang ia berhasil kumpulkan, Reza kemudian mencoba berbagai macam jenis usaha. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, ia berjualan berbagai macam produk. Mulai dari barang elektronik hingga pupuk yang ia geluti selama hampir empat tahun dari tahun 2005 hingga tahun 2009. Alih-alih menghindari risiko, para pengusaha sukses kerap menganggap risiko sebagai peluang.

Pemerintah Provinsi NTB terus berikhtiar untuk melahirkan serta membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat bisa menjadi pengusaha. Salah satunya melalui program inkubasi dari Science, Tehnology, dan Industrial Park NTB yang mana bertujuan mendidik, membentuk dan menginspirasi para pemuda untuk pengusaha-pengusaha baru di NTB. Beberapa pekerjaan sampingan di atas tentu saja selain dapat mengembangkan potensi wirausaha, mengembangkan hobi, tentunya dapat menambah uang jajan dan dapat menolong orangtua dalam pembiayaan uang sekolah.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Umpan balik, saran dan kritik sangat penting dalam mengembangkan bisnis. Oleh karenanya siapkan telinga dan hati kamu dalam menerima masukan, baik itu dari tim kerja maupun dari pelanggan. Bukan tidak mungkin masukan baru menjadi solusi dari kendala yang kamu hadapi. Bukan hanya ulet memasarkan bisnis, sepatutnya kamu pun ulet dalam mencari solusi atas kekurangan kamu dibandingkan kompetitor lainnya. Terapkan juga karakter ulet dalam menambah pengetahuan yang bisa mengembangkan bisnis kamu. Peroleh wawasan tersebut dari survei para kompetitor, workshop,hingga dari pengalaman pengusaha lainnya.

Contohnya kamu bisa menjadi guru bimbingan Bahasa Inggris yang pastinya banyak yang butuh, baik siswa yang akan menghadapi ujian, maupun yang akan bekerja. Mungkin kamu bisa membuat les privat untuk siswa/siswi sekolah dasar atau sekolah menengah. Menjual hasil kreativitas kamu bisa juga menjadi pilihan untuk mengumpulkan modal. Jika kamu memiliki hobi melukis, kamu bisa menjual hasil lukisan. Jika kamu memiliki hobi menjahit, kamu bisa menjual produk seperti bantal custom atau pakaian dan produk lainnya.

Atau bisa juga untuk pendidikan anakmu kelak, supaya bisa sekolah tinggi seperti Chairul Tanjung. “Pas kuliah tingkat satu, sahabat saya punya percetakan kecil. Dia membantu saya dengan memberi fasilitas bayar nanti, engga ada uang muka. Kalau dulu tidak ada dia, Chairul Tanjung yang sekarang tidak akan pernah ada,” kenang Chairul.

Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya. Jika Anda memilih kuliah sambil berbisnis, itu berarti Anda siap belajar dan memang dituntut untuk bisa memanajemen waktu dan keuanganmu secara matang. Anda dapat melatih manajemen keuangan dan waktu tersebut lewat bisnis yang Anda geluti dan lakukan.

Status sebagai mahasiswa merupakan kesempatan emas bagi generasi muda untuk mengembangkan diri melalui berbagai hal kreatif dan produktif. Salah satunya adalah dengan membangun bisnis sambil berkuliah alias menjadi pengusaha muda. Kenali dan kembangkan bakat bisnis sejak sekarang, agar kamu bisa menjadi pengusaha muda yang sukses di masa yang akan datang. Indeks Prestasi pas-pasan dan prestasi belajar yang biasa-biasa saja kerap menjadi masalah untuk sebagian orang, namun tidak untuk kamu si calon pebisnis muda.