Ingin Vaksin Corona Mandiri, Berikut Cara Daftar, Pesan Dan Beli Vaksin

Hal tersebut berbeda dari vaksinasi program yang dilakukan di fasyankes milik pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat yang memenuhi syarat. Artinya, pemerintah tak ikut menanggung beban pendanaan vaksin gotong royong, berbeda dari vaksin program pemerintah. Di tempat yang sama, Ketua Kadin Sumatera Utara Ivan Batubara menyatakan sudah banyak perusahaan yang mendaftarkan karyawannya untuk ikut vaksinasi gotong royong. Kadin, kata dia, bekerja sama melakukan pendataan pihak-pihak yang menjalankan program itu. Kadin mencatat sedikitnya 3,5 juta orang akan menjalani imunisasi mandiri dalam program Vaksinasi Gotong Royong. Pengadaan jenis vaksin Gotong Royong tidak menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan.

BANDUNG, iNews.id – Jika Anda lansia atau memiliki keluarga lansia yang belum terdaftar pada program vaksinasi, ada baiknya Anda melakukan pendaftaran secara mandiri. Terlepas dari wacana vaksin mandiri, Erick menyampaikan bahwa kapasitas produksi vaksin Biofarma dapat mencapai 250 juta dosis vaksin. Arya menambahkan, vaksinasi mandiri merupakan sebuah upaya gotong royong yang dapat dilakukan oleh bangsa Indonesia jika mengalami bencana, termasuk bencana kedrhatan akibat covid-19. Berdasar data yang diberikan Pemprov Jatim, ninety two persen pasien Covid-19 yang meninggal adalah orang yang memiliki komorbid kencing manis . Karena itu, Doni meminta Pemprov Jatim mengedukasi masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula.

Proses vaksinasi sendiri diharapkan dapat dimulai pada April menyusul kedatangan vaksin mandiri pertama yang diperkirakan tiba pada Maret tahun ini. Pendanaan untuk pelayanan kesehatan bagi penerima Vaksin Covid-19 yang mengalami gangguan kesehatan akibat Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi Covid-19 dibebankan pada anggaran Kementerian Kesehatan atau program Jaminan Kesehatan Nasional. Meski biaya vaksinasi gotong royong ditanggung badan hukum atau badan usaha, tetapi pendanaan untuk pemantauan dan penanggulangan kejadian ikutan pasca vaksinasi Covid-19 dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Airlangga yang juga merupakan Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional mengatakan nantinya akan ada vaksin untuk kelompok prioritas yang diberikan secara free of charge. Tak hanya itu, akan disiapkan pula vaksin virus corona yang bisa diakses oleh masyarakat secara mandiri. Namun, vaksinasi mandiri itu dengan syarat dilakukan korporasi untuk seluruh karyawan, bukan hanya jajaran direksi dan petinggi perusahaan saja.

Soal harga, Ketua Umum Golkar ini menambahkan, Kementerian Kesehatan segera menerbitkan Permenkes mengenai vaksinasi gotong royong. Nantinya, vaksinasi dengan skema gotong royong akan menggunakan vaksin Covid-19 produksi Sinopharm. Indonesia sendiri sudah sepakat dengan Sinopharm untuk mendatangkan 7,5 juta dosis vaksin sampai Juli nanti. Menurut Riono dan rekan-rekannya, program vaksinasi yang dilakukan pihak swasta hanya menguntungkan dan mengutamakan masyarakat tingkat ekonomi menengah ke atas di perkotaan saja. Dengan suplai vaksin yang masih sangat terbatas, masyarakat yang berada di daerah dan ekonomi menengah ke bawah yang justru memiliki tingkat risiko penularan yang lebih tinggi bisa tidak diprioritaskan dalam pembagian vaksin.

Namun, untuk masalah vaksin, pihak produsen meminta para pengusaha tetap berkordinasi dengan pemerintah. Salah satu tujuan Indonesia memproduksi vaksin Merah Putih adalah memainkan peranan penting untuk menjaga ketahanan kesehatan di ranah international. Jika kamu sudah mendapat kesempatan vaksin, catat beberapa hal berikut ini yang harus kamu lakukan setelah vaksinasi. “Silakan lapor ke pihak berwenang jika diminta membayar. Siapapun masyarakatnya, vaksin Covid-19 tetap gratis,” ungkapnya. Dia menuturkan jika program ini dilakukan guna mendukung program Vaksinasi Covid-19 Nasional yang digagas pemerintah pada pertengahan Januari 2021. “Perusahaan-perusahaan mengharapkan agar vaksinasi bisa segera dilaksanakan sehingga memberikan rasa aman dan nyaman dalam beraktivitas. Kita juga berharap agar iklim usaha segera pulih dan perekonomian dapat bergerak,” katanya.

Laporcovid19 berharap, ketidakadilan tersebut tidak terjadi di Indonesia, di mana akses terhadap vaksin ditentukan oleh kemampuan finansial untuk membeli vaksin tersebut. Pada saat ini, para produsen vaksin di dunia masih terfokus untuk melayani permintaan vaksin dari badan pemerintah dalam rangka membantu menangani pandemi. Tidak hanya itu, penyelenggaraan vaksinasi mandiri juga perlu memperhatikan kerahasiaan data pribadi penerima vaksin.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Menurut Airlangga, regulasi vaksinasi COVID-19 secara mandiri akan membahas banyak hal. This is to help all Indonesians to get access to the vaccine quicker.Jadi, filosofinya begitu. Kita membantu agar rakyat bisa mendapat vaksin lebih cepat dengan menggunakan jalur-jalur swasta. “Katakanlah pabrik rokok karyawannya sampai 25.000, kalau vaksinnya ditanggung perusahaan, itu artinya free of charge juga dan meringankan beban Pemerintah dan rakyat,” ujar JK memberi contoh.

Lima pemudik asal Tangerang lolos penyekatan dan masuk ke wilayah Serengan, Solo, setelah dites swab dua orang positif Covid-19. Purwati mengklaim tidak ada kendala selama vaksinasi Covid-19 hingga hari ini. Dia menyebut animo masyarakat tinggi mengikuti vaksinasi meskipun sedang puasa. Sejalan dengan biaya kesehatan yang terus meningkat, perlindungan kesehatan dan jiwa perlu dikelola dengan baik.