Inilah Link Untuk Pendaftaran Vaksin Covid

Peserta yang mendapat jatah vaksin dan lolos skrining awal akan mendapat vaksin pertama dan kedua dengan jarak 28 hari. tirto.id – Orang lanjut usia saat ini menjadi salah satu prioritas penerima vaksin COVID-19 untuk periode kedua. Beragam cara dilakukan untuk bisa menjangkau lansia yang akan diberi vaksin, salah satunya adalah fasilitas drive thru khusus untuk lansia yang memiliki KTP DKI Jakarta. Jakarta – Program vaksinasi COVID-19 telah berjalan secara bertahap sejak 13 Januari 2021 lalu, sesuai dengan ketersediaan vaksin dan goal prioritas yang ditetapkan pemerintah. Oma dan opa berusia 60 tahun ke atas dan belum mendapat vaksinasi Corona, atau bahkan bingung tidak tahu cara daftar vaksin lansia? Tak perlu khawatir, terdapat berbagai program vaksinasi gratis yang diselenggarakan bagi para lansia di berbagai daerah, termasuk DKI Jakarta dan kota lainnya.

Negara-negara dengan beban obesistas tinggi mengalami beban kematian tinggi pula terkait Covid-19. Dalam hal ini, kematian akibat virus corona sepuluh kali lebih tinggi di negara-negara di mana lebih dari setengah populasinya kelebihan berat badan. Ditemui di lokasi vaksin, Sularto , warga Kelurahan Wonokarto Kecamatan Wonogiri, merasa senang karena dirinya lolos skrining dan diperkenankan mendapatkan suntikan Sinovac hari ini. “Lansia yang hari ini divaksin dari golongan pensiunan, tokoh masyarakat, tokoh agama, veteran, dan PWRI.

Lansia termasuk kelompok usia yang rentan terkena Covid-19 bergejala berat dan meninggal dunia akibat penyakit yang sudah menjadi pandemi sejak setahun terakhir itu. Kondisi ini berbeda dari kategori penerima vaksin berusia tahun yang perlu jarak 14 hari. Keberhasilan vaksinasi Covid-19 bagi lansia tidak terlepas dari peran berbagai sektor.

Vaksinasi dilaksanakan organisasi/institusi yang bekerja sama dengan Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan seperti kementerian/lembaga dan organisasi keagamaan/kemasyarakatan. Makky mengataka, NU sudah siap membantu sosialisasi vaksin, termasuk mendampingi dengan usulan in the future care services. Juru Bicara Vaksinasi PT Bio Farma Bambang Heriyanto memastikan PT Bio Farma mendukung langkah pemerintah terkait progam vaksinasi nasional ini.

Syaratnya organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal. Dalam hal ini, Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR itu mengatakan tujuan utama dari upaya vaksinasi yang dilakukan terhadap seluruh masyarakat adalah untuk menurunkan angka kematian dan menurunkan beban pelayanan kesehatan. Baru setelahnya adalah untuk mendapatkan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Organisasi dan instansi yang sudah menjalin kerjasama akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia. Untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi di setiap tempat pelaksanaan vaksinasi harus menyediakan contact person perwakilan dari vocal Point yang berasal dari kabupaten/kota atau provinsi tersebut. Pantauan hulondalo.id, masyarakat sudah mulai paham dan sadar untuk melakukan vaksinasi, dengan adanya pelayanan yang maksimal dari pihak medis. Disamping itu, sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan RI akan dilakukan sistem reward, dimana jika ada yang membawa dua orang lansia untk divaksin, maka orang tersebut juga akan langsung divaksin, meskipun tidak termasuk kelompok prioritas. Berdasarkan knowledge dari Kementerian Kesehatan, per 2 Mei 2021, dari target 21,5 juta lansia yang akan divaksin, baru 2,5 juta yang sudah menerima vaksinasi atau sekitar 12 persen. Selagi menunggu untuk mendapatkan giliran vaksin, penting agar kamu membantu para lansia yang tinggal bersamamu untuk tetap menerapkan pola hidup sehat.

Vaksin bagi lansia

Yang termasuk dalam kelompok penyakit komorbid, antara lain hipertensi, stroke, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit ginjal kronis. Apabila sudah terpapar, mereka susah disembuhkan dan relatif sulit diselamatkan nyawanya. Ini karena dokter juga harus mempertimbangkan penyakit penyerta yang diidap pasien lansia.

Kemudian mekanisme kedua adalah Kemenkes bekerja sama dengan instansi, organisasi keagamaan, dan organisasi masyarakat. Begitu pula program vaksinasi Covid-19 yang dijalankannya oleh pemerintah saat ini. [Phil Noble/Pool/AFP]Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI untuk program vaksinasi, Siti Nadia Tarmizi mengatakan Indonesia akan kedatangan vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca. Bagi sasaran vaksinasi lansia yang sudah sempat mengisi tautan, Nadia mengatakan, untuk tersebut tidak perlu khawatir, Kemkes menjamin bahwa data tersebut aman dan disimpan di dinas kesehatan provinsi masing-masing. Saya yakin vaksinasi ini akan membuat kita, khususnya lansia, terhindar dari penyakit Covid-19,” ujar Pensiunan Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri ini. Sehingga, nantinya instansi ini yang akan menentukan jadwal vaksinasi, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada peserta lansia.