Mau Jadi Pengusaha Kopi Yang Andal? Ipb Akan Buka Sekolah Peminatan Kopi, Lho

Jualan jajanan menjadi salah satu macam usaha sampingan yang cocok untuk kamu yang sedang bingung mencari uang tambahan. Beragam jajanan ringan seperti makaroni pedas, mi lidi dan tahu mercon tidak pernah kehilangan peminat, kamu bisa menjualnya di sekolah. Membuat EO dalam skala kecil juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan untuk anak SMA sepertimu. Mulailah menangani acara yang kecil-kecil saja, seperti ulang tahun atau perayaan kecil lainnya.

Kalau kamu sudah yakin berbisnis saat bangku kuliah, kamu harus berkomitmen dengan bisnis yang bakal kamu jalani. Itu sebabnya dengan berbisnis sedari duduk di bangku kuliah, kita bisa mendapatkan uang saku tambahan dan juga pengalaman yang pasti akan berguna setelah lulus nantinya. Peluang-peluang tersebut kalau kamu manfaatkan bisa jadi pengalaman sekaligus menambah uang saku. Terlebih lagi untuk para mahasiswa yang merantau, di mana mereka juga harus menyisihkan uang sakunya untuk biaya indekos dan pengeluaran rutin penting lainnya. Bisnis mahasiswa bisa dilakoni karena sebagai pelajar, terkadang kita dituntut untuk mampu bersikap mandiri dan tidak bergantung hanya pada kiriman uang saku dari orangtua saja. Penghasilannya ia katakan cukup banyak untuk ukuran anak sekolah.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

“Jangan anggap anak tidak mengerti apa-apa dengan mengatakan, ‘Ah, masih anak kecil,’” ujarnya. Sementara itu, menurut Zainun Mu’tadin, M.Psi, Dosen Psikologi UPI YAI, orangtua harus menanyakan anaknya hal-hal yang memancing kreativitas. Anak akan dilatih untuk memiliki beberapa alternatif jawaban dan solusi. Dengan alternatif tersebut, anak mampu mengambil keputusan yang tepat dari berbagai pilihan yang ada.Tentu saja jiwa wirausaha pada diri anak tidak serta-merta ada, tapi memerlukan latihan bertahap. Bisa dimulai dari hal-hal kecil dalam aktivitas keseharian anak.

Pendirian Sekolah itu merupakan salah satu kegiatan dari Yayasan Abdul Latief yang didirikan dan diketuainya sendiri. Melalui penataan pasar swalayan dengan konsep tidak dipusat perbelanjaan tradisional itu, Abdul Latief mengembangkan tiga macam filosofi. Pertama, pengusaha kecil adalah bagian dari kemajuan jenis usaha yang berskala lebih besar. Karena itu, yang kecil memang harus diperhatikan dan diberi tempat yang wajar. Pasaraya Sarinah menjadi pendukung Pasar Tradisonal Blok M. Konsep yang dikembangkan Pasaraya, menurut Abdul Latief, membeli tanah, membangun gedung, dan membuat kavling pasar baru.

Sebelum saya wisuda, saya memutuskan untuk jadi pengusaha, tidak ada modal sama sekali. Orang sempat hina saya, karena dalam pemahaman mereka, menjadi pengusaha itu yang pertama harus punya uang, orangtua kaya, segala macam. Waktu itu saya mengatakan, bahwa saya harus mulai dengan satu keyakinan yakin usaha sampai. Usai pertemuan kembali dengan John Suhanto paman dan mantan boss-nya yang menjadi tokoh panutannya itu, jalan bisnis makin terbuka. Pemilik pabrik keramik Indogress itu berjanji akan membantu usaha Joni bersama July, sang istri yang dinikahinya pada tahun 2000.

Tidak terserapnya lulusan SMK bisa jadi ditengarai oleh rendahnya keahlian ataupun keterampilan yang dimiliki oleh lulusan SMK. Diperparah oleh tidak tersertifikasinya lulusan sebagai bukti kelayakan sebagai tenaga kerja yang terampil. Selain itu, kompetensi yang ditawarkan oleh pemerintah dengan kebutuhan tenaga kerja yang diminta pasar kerja dinilai ‘belum relevan’. Hal ini berdampak pada terjadinya kesenjangan antara jumlah lulusan SMK dengan jumlah peluang kerja yang tersedia. Di sinilah perlu adanya sinkronisasi kurikulum yang berbasis industri.

Usahanya dimulai dari menjadi penjual ritail kecil sampai akhirnya dipercaya menjadi distributor salah satu operator seluler.”Kalau adik- adik mau jadi kaya jadilah pengusaha atau wirausaha. Adik -adik harus punya semangat pembaharuan dan selalu mengikuti perkembangan,” himbaunya dihadapan peserta yang merupakan anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Meski saya bilang gak gampang untuk bisnis, tapi ayah saya tetap kasih tahu memang tidak ada yang mudah. Mungkin memang begitu caranya mengajari saya, dan adik kakak saya. Kami memang didrive seperti itu, dan ini penting sebenarnya karena jika jadi pengusaha kita bisa kontribusi besar dan tidak tergantung sama orang. Kerja keras dan kerja cerdas dapat memastikan keberhasilan, tapi Chairul mengatakan memberi atau sedekah dapat memudahkannya.

Setelah sukses menjual Toptopi sampai ke luar pulau Jawa, kini harapannya agar Toptopi semakin melebarkan sayap ke pasar yang lebih luas agar pendapatan pun bertambah. Untuk mencapai harapannya, Alwin memulai dengan membangun sebuah tim untuk membantu membesarkan nama Toptopi, sehingga usaha ini tidak hanya berpusat pada dirinya saja. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa kalau ingin berjalan cepat lakukanlah sendiri, kalau mau jalan jauh lakukan dengan bersama. Pepatah ini yang menggambarkan orientasi Toptopi sekarang yaitu ingin terus jalan jarak jauh. Namun di tahun 2017, pattern topi customized mulai menurun, usaha Alwin tidak berhenti sampai disitu. Dirinya berpikir untuk memperluas bisnisnya tidak hanya di pembuatan topi.