Nakes Wajib Paham, Ini Cara Aman Vaksinasi Warga Lanjut Usia

Orang yang sudah divaksinasi, imbuhnya, masih dimungkinkan untuk terkena virus namun efek yang ditimbulkan tidak akan parah. Dalam keterangan persnya, Menkes juga memaparkan tentang cakupan vaksinasi nasional yang hampir mencapai 10 juta, dengan laju penyuntikan harian mendekati 50 ribu. Diharapkan laju vaksinasi berjalan seimbang dengan ketersediaan pasokan dosis vaksin di Tanah Air. Nadia menjelaskan prasyarat bagi lansia untuk bisa divaksinasi selama ini memiliki penyakit kronik seperti sakit jantung, kelainan darah, penyakit ginjal.

Vaksin bagi lansia

Adapun contoh organisasi dan institusi yang dapat menyelenggarakan vaksinasi misalnya seperti organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri atau Veteran Republik Indonesia.

Meski begitu nantinya BPOM juga akan melakukan kajian information untuk memberikan EUA bagi ketiga vaksin tersebut. Baning mengatakan, saat ini Dinas Kesehatan masih menyelesaikan sasaran tenaga kesehatan yang belum tuntas. “Dengan telah diterbitkannya persetujuan vaksin untuk populasi lansia diharapkan angka kejadian infeksi dan angka kematian lansia akibat infeksi COVID-19 ini dapat menurun,” ujarnya. Sementara, vaksin dosis kedua berperan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin sehingga antibodi yang telah terbentuk semakin kuat dan optimal. “Memang untuk lansia ini selalu kami ingatkan untuk kita semua membantu, mengajak para lansia untuk segera mendapatkan vaksinasi,” kata Nadia secara virtual, Jakarta, Jumat, 30 April 2021. Jika lansia sudah mengantongi minimal tiga syarat di atas, maka vaksin boleh diberikan.

“Alhamdulillah, selama vaksinasi ini, KIPI sedang hingga berat tidak ada,” katanya. Untuk mencegah kejadian terulang, RSUD Kembangan pun menurunkan sejumlah personil untuk membantu mereka yang kesulitan mendaftar secara on-line. “Calon penerima vaksin yang datang langsung, tetap harus mendaftar online, petugas kami akan membantunya. Ditahap awal, pemberian vaksin Covid-19 untuk lansia dipusatkan di ibukota provinsi, terutama di Pulau Jawa dan Bali. Pasalnya, terdapat beberapa penyakit bawaan yang membuat lansia tidak dapat menerima vaksin Covid-19. Mengakhir keterangan persnya, Menkes kembali mengingatkan seluruh masyarakat agar terus disiplin dari menerapkan protokol kesehatan.

Sejak Rabu 17 Februari, pemerintah mulai melaksanakan vaksinasi tahap kedua yang menyasar petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia. Pada tahap kedua ini, ada 17,four juta petugas layanan publik dan 21,5 juta penduduk lanjut usia yang akan divaksin. Untuk mengikutinya, masyarakat lansia pun diberikan pilihan fasilitas kesehatan pemerintah maupun organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan pemerintah. Terdapat sektiar 661,3 dosis vaksin yang sudah diberikan per 1.00 populasi dan 22,4 persen populasi sudah vaksin lengkap. Mengutip laman Instagram @pandemictalks, di Uni Emirat Arab, misalnya, para lansia diberikan madu.