Pendapatan Anjlok, Ini Ideas Mengatur Keuangan Anda Saat Pandemi Covid

Hal ini akan mudah terwujud jika Anda memiliki pengelolaan keuangan yang sesuai. Penasihat keuangan biasanya menyarankan untuk menyisihkan persen penghasilan untuk simpanan masa depan atau dana pensiun. Tapi, dalam situasi seperti saat ini, mungkin waktunya untuk mengurangi atau menghentikan sementara kontribusi ke tabungan dana pensiun, terlebih jika kamu tak memiliki cadangan dana darurat. Caranya, miliki tujuan keuangan yang berjangka pendek seperti dana liburan, dana beli dadget, dana purchasing dan sebagainya.

Arus kas uang tunai ini bisa dibilang adalah sumber kehidupan UMKM, sehingga penting dipahami dan diperhatikan sejak awal. Uang tunai yang dimaksud adalah uang yang kita miliki yang tersedia untuk digunakan segera. Sifatnya cair, bukan terikat pada barang, properti, atau stok produk yang ada dalam usaha. Arus kas ini dihitung dengan mengurangkan uang yang dimiliki di awal bulan dari jumlah yang dimiliki di akhir bulan. Kalau ternyata pendapatan yang dihasilkan lebih besar daripada yang dibelanjakan untuk pengeluaran, ini bisa jadi indikasi bahwa kita punya keuangan yang sehat. Ini pun menandakan kalau kita sebagai usahawan punya uang yang cukup untuk membayar pemasok, tagihan, ataupun pinjaman yang berlangsung.

Tips mengatur keuangan

Seperti membayar tunggakan-tunggakan, asuransi, tabungan hari tua, baru kemudian mengisi pundi-pundi kekayaan Anda. Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Jika Anda mengalami masalah dalam mengelola keuangan hingga merasa stres, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog dan pakar perencanaan keuangan untuk mendapatkan solusi yang tepat. Batasi atau kurangi pengeluaran dengan tidak menggunakan kartu kredit dan memotong beberapa pos pengeluaran, seperti menutup cicilan mobil mahal dan barang mewah. Saat menerima gaji, segera alokasikan gaji berdasarkan kebutuhan dan tagihan selama sebulan.

Pilihlah KPR yang tepat dan cobalah memperpanjang tenor cicilan, karena saat ini tersedia berbagai tenor dari 5 tahun sampai 25 tahun. Selain itu, bayarlah jumlah DP yang lebih besar sehingga whole utang di KPR tidak terlalu banyak. Anda telah menabung secara rutin, sekarang saatnya untuk menentukan kembali goal tabungan. Walaupun hanya menabung sedikit, jika dilakukan secara rutin dan disiplin, akan membuahkan hasil maksimal.

Dengan demikian, kebutuhan tetap terpenuhi, hanya saja dengan cara yang berbeda. Salah satu contohnya mengurangi jatah makan atau kualitas makanan. Pada akhirnya, jika Anda sakit, pengeluaran untuk biaya berobat justru akan lebih besar. Meskipun terkadang hal ini akan sedikit sulit dilakukan bagi sebagian orang, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Pengeluaran-pengeluaran tersebut ternyata jumlah bisa jadi cukup besar jika diakumulasikan dalam satu bulan. Namun, karena pengeluaran ini terlihat kecil, maka Anda mungkin tidak akan mengambil pusing dan tidak banyak berpikir saat mengeluarkan uang. Jangan lupa ya, perlu memonitor untuk jumlah dana darurat yang sudah terkumpul, Togel Online kurang berapa dan tentunya hati-hati dengan inflasi. Uang merupakan isu yang sangat sensitif, apalagi jika suami dan istri punya pandangan yang berbeda dalam hal penggunaan uang dan kebutuhan yang harus diprioritaskan. Di sisi lain jika menggunakan jasa pihak ketiga mungkin saja biaya pengeluaran akan bertambah.

Ini dikarenakan milenial sering menghabiskan uang untuk hal yang bukan prioritas, seperti hiburan, hangout, belanja pakaian, minum kopi, dan sebagainya. Bahkan, sebanyak 68% milenial setuju kalau mengalami kesulitan saat mengatur keuangan. Di saat proyek atau pesanan banjir, mudah rasanya cepat puas dan muncul tendensi untuk ingin berfoya-foya.