Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru

Di Indonesia, BPOM menjadi institusi yang bertanggung jawab terhadap peredaran vaksin. BPOM memiliki standar dalam pemberian izin penggunaan vaksin, yakni harus melalui proses uji klinik atau uji kepada manusia untuk membuktikan khasiat dan keamanannya. Selain itu, produk vaksin juga harus dijamin melalui evaluasi persyaratan mutu dan pemastian pembuatan vaksin sudah sesuai dengan cara pembuatan obat yang benar .

Tentu keputusan negara mau memberikan vaksin dilandasi dengan hubungan baik dan Indonesia harus bergerak cepat untuk itu. Lantas berikutnya diikuti oleh para menteri kabinet, Kapolri, PTNI, pimpinan lembaga negara/pemerintahan, tokoh-tokoh agama, pimpinan organisasi kemasyarakatan, kepala daerah, hingga pedagang sayur. TEMPO.CO, Jakarta – Ketika Moderna Inc mengumumkan vaksin Covid-19 yang dikembangkan selama pemerintahan Donald Trump efektif ninety four,5 persen, harapan virus corona bisa dikalahkan lebih cepat mulai memunculkan optimisme. Sebab, dengan vaksinasi akan membuat tubuh menghasilkan antibodi yang berfungsi mencegah apabila ada virus yang masuk sehingga tubuh menjadi tidak sakit. Dokter spesialis penyakit dalam Siloam Hospitals Lippo Village Dr dr Benyamin Lukito SpPD mengatakan, vaksinasi sebetulnya adalah cara untuk mencegah suatu penyakit menyerang tubuh seseorang. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Hampir satu tahun kita hidup bersama ditengah pandemi, saat ini pemerintah tengah menyiapkan vaksin Covid-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vaksin COVID-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung. Mari ketahui apa saja manfaat vaksin COVID-19 dan siapa yang perlu lebih dulu mendapatkannya. Terkait dengan penambahan empat kasus baru konfirmasi mutasi virus COVID-19 B117, dr Nadia menyampaikan bahwa keempatnya dalam keadaan sehat, tidak ada yang diindikasikan mengalami gejala berat. Dan sampai saat ini hasil pelacakan kasus terhadap kontak erat dan keluarga juga dinyatakan tidak ada yang memiliki gejala mengarah ke COVID-19. Karakteristik dari varian B117 ini lebih cepat menular, tetapi WHO belum mendapatkan laporan bukti bahwa virus mutasi covid-19 ini lebih tinggi tingkat keganasannya.

Meski demikian, hingga saat ini, efektivitas dan keamanan vaksin COVID-19 masih diteliti dalam tahap uji klinis oleh pemerintah dan berbagai lembaga terkait. Hal ini merupakan langkah pemerintah dalam memastikan bahwa vaksin COVID-19 yang akan disediakan layak digunakan untuk mencegah COVID-19. Setelah semua kelompok prioritas di atas mendapat vaksin COVID-19, vaksinasi akan dilanjutkan ke kelompok penerima vaksin COVID-19 lainnya, mulai dari penduduk di daerah yang banyak kasus COVID-19 sampai ke seluruh pelosok Indonesia. Maka dari itu, ada beberapa kelompok yang diprioritaskan untuk mendapat vaksin COVID-19 terlebih dahulu. Kendati demikian, untuk mencapai herd immunity dalam suatu masyarakat, penelitian menyebutkan bahwa minimal 70% penduduk dalam negara tersebut harus sudah divaksin.

Lalu bagaimanakah sebenarnya vaksin COVID-19 itu apa benar bisa efektif memutus penyebaran? Dokter spesialis penyakit dalam Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang, Banten, Dr dr Benyamin Lukito SpPD mengatakan, vaksinasi sebetulnya adalah cara untuk mencegah suatu penyakit menyerang tubuh seseorang. Seorang ahli virus Afrika Selatan menyatakan vaksin COVID-19 yang tersedia mungkin tidak sepenuhnya ampuh melawan varian baru virus corona yang ditemukan di negara tersebut. Akan tetapi pakar itu percaya bahwa vaksin tersebut dapat “disesuaikan” untuk memerangi varian virus itu.

Walaupun telah dilakukan vaksinasi diharapkan kepada masyarakat untuk tetap ketat dalam penegakan 3M dan 3T . Mengenai vaksin, Haedar menyatakan bahwa vaksin merupakan keniscayaan sebagai bagian dari usaha menghadapi Covid-19. Seraya meminta Menkes dan pemerintah seksama khususnya yang menyangkut keamanan dan kehalalan, disertai keterbukaan.

Vaksinasi adalah pemberian vaksin yang dapat merangsang pembentukan imunitas sistem imun di dalam tubuh. Vaksinasi sebagai upaya pencegahan primer yang sangat handal mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Dengan prosedur vaksinasi yang benar diharapkan akan di peroleh kekebalan yang optimum, penyuntikan yang aman dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi yang minimal. Salah satu upaya untuk menekan angka kasus COVID-19 yang kian meningkat adalah dengan penyediaan vaksin COVID-19 dari pemerintah. Meski masih dalam tahap uji klinis, keberadaan vaksin ini diharapkan dapat melindungi masyarakat Indonesia dari pandemi. Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya.

Vaksin dapat menangani Covid

Selain itu, Bima mengatakan bahwa PNS yang dinyatakan meninggal dunia dalam menjalankan tugas kewajibannya, mendapat hak kepegawaian dan hak keuangan. Hak kepegawaian, yaitu mendapatkan kenaikan pangkat anumerta serta pensiun janda/duda tewas yang besarnya seventy two% dari dasar pensiun, sedangkan hak-hak keuangan, meliputi santunan kematian kerja, uang duka tewas, biaya pemakaman, dan bantuan beasiswa. “Pemberian alat semprot disinfektan ini merupakan wujud nyata kepedulian Bhinneka Life terhadap masyarakat yang saat ini masih terus berdampingan dengan Covid-19. Diharapkan melalui program CSR ini dapat membantu untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah RW.07, Kelurahan Semaki, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta” ujar Taufik. CEO dan Co-Founder Halodoc Jonathan Sudharta mengatakan bahwa dirinya mendukung ketersediaan vaksin Covid-19. Ini terutama berkaitan dengan komitmen perusahaannya yang bergerak di bidang kesehatan.

Kemudian periksa status NIK dalam program vaksin dengan mengklik kolom “Periksa” berwarna biru. Pemerintah Indonesia akan berusaha keras untuk menyediakan proteksi kepada masyarakat dengan memproduksi atau menyediakan vaksin Covid-19 yang aman, tepat, dan cepat. Tujuannya agar negara yang berpendapatan rendah memiliki ruang fiskal yang cukup untuk terus dapat menangani COVID-19 secara komprehensif.

Ia mengatakan keseriusan pemerintah dalam menangani pasien COVID-19 juga terlihat dari suplai obat penanganan COVID-19 yang terus terdistribusi dengan cukup. Dengan tujuan meningkatkan rasio kesembuhan, mulai four November, obat penanganan COVID-19 ini sudah didistribusikan ke 34 Dinas Kesehatan Provinsi dan 779 rumah sakit di seluruh Indonesia. Harapannya, seluruh negara dapat terus menjaga kerja sama untuk menutup celah pada kesiapan dan respon dalam menghadapi pandemi global, serta memastikan ekonomi pasca COVID-19 akan menjadi lebih tangguh dan berkelanjutan. Tidak dapat dipungkiri, pemerintah juga perlu memulihkan kepercayaan publik sekaligus meningkatkan jaminan keamanan dan keselamatan bagi calon pengguna vaksin.