Rekomendasi Dan Pandangan Muhammadiyah Terkait Vaksin Covid

Dengan antigen ini, tubuh Anda jadi memiliki semacam memori walaupun pada kenyataannya Anda belum pernah terkena virus SARS-CoV- 2. Saya rasa Muhammadiyah bisa membantu mensosialiasikan perubahan perilaku ini secara luas kepada masyarakat,” imbuh Budi. Registrasi ulang sebagaimana dimaksud meliputi juga upaya verifikasi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan oleh sistem untuk mengonfirmasi domisili serta self-screening sederhana terhadap penyakit penyerta yang diderita. “Calon penerima vaksin akan menerima SMS notifikasi karena kita mengintegrasikan satu information untuk vaksinasi ini. Informasi satu data ini akan mencatat barcode dari jenis vaksin yang akan didapatkan setiap orang,” jelasnya.

Vaksin dapat menangani Covid

Fasilitas COVAX berfungsi sebagai platform untuk mendukung riset, pengembangan, dan produksi massal kandidat vaksin Covid-19, hingga menegosiasikan harganya. Tarik-menarik pendapat di atas disebabkan karena mempertentangkan hak privat dan hak publik. Di satu sisi, hak individu untuk menolak setiap intervensi medis dijunjung tinggi.

Mulai dari desain dan studi eksplorasi komponen vaksin , perlu dipastikan bahwa komponen tersebut memang yang bersifat antigenik dan imunogenik sehingga akan bekerja efektif pada tubuh penerima. “Selain itu, saat ini juga sedang dikembangkan vaksin berbahan dasar materi genetik dari patogen (termasuk untuk COVID-19) sehingga produksi antigen dapat langsung terjadi pada tubuh individu penerima vaksin,” Kata Ihsan dalam keterangan resminya, hari ini. Ihsan Tria Pramanda, Pengajar Fakultas Biotechnology, Indonesia International Institute for Life Science menyatakan, pengembangan vaksin terkait erat dengan bioteknologi. Teknik-teknik bioteknologi modern seperti rekayasa genetika dan kultur sel memungkinkan pengembangan vaksin dilakukan dengan efektif, cepat, dan ekonomis. Teknologi DNA rekombinan memungkinkan antigen dari suatu patogen untuk diproduksi pada sel inang yang relatif tidak patogenik (misalnya bakteri E. coli atau ragi) sehingga tidak perlu dipanen langsung dari patogen aslinya.

Hingga 26 November 2020, pemerintah Indonesia telah menyiapkan manajemen rantai dingin dengan kesiapan mencapai 97 persen. Selanjutnya, akan ditentukan daerah prioritas yang akan mendapatkan vaksin dengan mempertimbangkan jumlah kasus positif, jumlah penduduk, luas wilayah, dan aspek lain. Izin yang diberikan oleh BPOM bisa berupa izin edar maupun emergency use authorization . EUA merupakan suatu mekanisme registrasi khusus untuk obat dan vaksin pada kondisi darurat seperti pandemi Covid-19 yang mengacu pada pedoman yang ditetapkan oleh WHO. Dengan pemberian EUA berarti industri farmasi bertanggung jawab terhadap mutu vaksin, mulai dari bahan baku, pembuatan, pelulusan batch vaksin, hingga peredaran dan penggunaan pada pasien.

Peran baru UNICEF dengan COVAX menjadikan UNICEF sebagai pembeli vaksin tunggal terbesar di dunia. Badan PBB ini mengatakan pihaknya memperoleh lebih dari dua miliar dosis vaksin setiap tahun untuk imunisasi rutin dan penanggulangan wabah atas hampir one hundred negara. UNICEF ambil bagian dalam rencana alokasi vaksin COVID-19 – yang dikenal sebagai COVAX yang dipimpin oleh Badan Kesehatan Dunia .Tujuannya, untuk membeli dan menyediakan akses yang adil atas vaksin tersebut. Jika biasanya ketika disuntik kita dapat merasakan jarum yang masuk ke dalam tubuh kita, namun hal itu tidak saya rasakan sama sekali. Setelah disuntik, saya ke ruang observasi untuk menunggu reaksi dari vaksin yang masuk ke dalam tubuh saya. Setelah disuntik dan menunggu selama 30 menit, saya tidak merasakan gejala apa-apa pada tubuh saya.

Kerja sama bilateral yang digagas oleh Indonesia dalam diplomasi vaksin adalah bentuk komitmen bersama untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan akses yang sama terhadap vaksin dan penanganan covid-19 di tanah air. Terutama dalam kerangka kerja sama yang disepakati oleh Indonesia dan Inggris dituangkan fakta penting mengenai bahaya dari pandemi global dari covid-19 yang mengancam semua negara. Kerja sama bilateral yang diinisiasi ini berupaya memastikan bahwa dengan diplomasi vaksin, semua orang bisa aman dan terhindar dari ancaman corona dan mendapatkan akses terhadap vaksin serta dapat dijangkau oleh semua orang dari semua negara.

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN), Erick Thohir menjelaskan, pemerintah akan melibatkan swasta guna memperluas cakupan dan mempercepat vaksinasi baik yang gratis dan mandiri. “Saya ajak masyarakat terus menjaga kedisiplinan dalam menjaga protokol kesehatan atau 3M, demi melindungi diri melindungi keluarga melindungi negeri kita dan mengakhiri pandemi Covid-19,” ungkapnya. Johnny mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika hingga saat ini telah mencatat dan melabeli tak kurang dari 1.556 konten hoaks terkait Covid-19. Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat dapat merujuk sumber informasi yang akurat dan terpercaya dalam hal penanganan Covid-19.

Tercatat, vaksin jenis Sinovac berhasil mendapatkan kesempatan pertama untuk masuk ke Indonesia. Menurut Presiden Joko Widodo, vaksin ini akan dibagikan gratis oleh pemerintah ke 34 provinsi. Adapun berdasarkan hasil analisis sementara, peneliti asal Turki menyatakan jika vaksin jenis ini memiliki 91,25 persen tingkat efektivitas. Menurut Budi, pendekatan pencegahan COVID-19 tidak cukup hanya dengan program, tapi juga harus diikuti dengan gerakan.