Sah Dorong Lansia Di Jambi Dapat Prioritas Vaksinasi Virus Corona

Serbia, salah satu negara bekas Yugoslavia dengan populasi 7 juta orang juga ngebut dengan program vaksinasi massal. Kuotanya mencapai 22 per 100 orang (posisi four/three/21) Menteri kesehatan Serbia, Zlatibor Loncar secara simbolis mendapat vaksinasi anti Covid-19 buatan Sinopharm, Cina di Beograd akhir Januari silam. Uni Emirat Arab menyusul di posisi kedua dengan kuota vaksinasi per kapita mencapai 62 per a hundred penduduk. Sekitar 6,8 juta dari lebih 9 juta penduduk UEA sudah mendapat vaksin corona dosis pertama. UAE menggunakan vaksin Sinovac buatan Cina untuk program vaksinasi massal free of charge.

Warga Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Rusminah , menjadi warga lansia pertama yang menerima vaksin Covid-19 di RSUD Tanjung Priok, Sabtu 20 Februari 2021. Walkot Jakut Ali Maulana Hakim memastikan antrean vaksinasi untuk masyarakat golongan lansia aman terkendali. Sebanyak 250 Lansia di Kramat Jati mengikuti vaksinasi tahap pertama di SMP 281 Jakarta Timur. Kelurahan Sunter Agung berkolaborasi dengan Puskesmas Tanjung Priok terus melakukan pelayanan vaksin bagi masyarakat lansia yang dilakukan di SMA Negeri 41. Program vaksinasi sendiri bukan segalanya untuk menghentikan pandemi COVID-19, melainkan salah satu upaya mencapai kekebalan kelompok dengan goal penduduk yang divaksinasi sebanyak 70 persen. “Suntikan pertama baru membentuk antibodi tetapi belum yang protektif. Antibodi terbentuk sudah mengenak virus yang masuk dalam tubuh melalui vaksin kemudian perlahan meningkat.

Vaksinasi pun dilakukan kepada tenaga medis yang merupakan kelompok paling rentan tertular. Pelayanan umum dan warga lanjut usia atau lansia di atas 60 tahun menjadi sasarannya. Setelah nakes di atas usia 60 tahun, giliran selanjutnya adalah vaksinasi bagi masyarakat di atas 60 tahun. Hal itu dilakukan paralel untuk pendataan masyarakat dengan usia di atas 60 tahun. Risiko berdampak parah bagi lansia yang terkena Covid-19 menjadi faktor pemberian prioritas. Walaupun whole lansia seluruh orang Indonesia yang pernah terpapar Covid-19 hanya 10%.

Izin ini dikeluarkan oleh BPOM karena vaksin Sinovac sudah menyelesaikan uji klinis yang melibatkan ± four hundred orang lansia sehat . “Jadi proses pendaftaran ini sasaran vaksinasi bisa dibantu oleh keluarga ataupun RT/RW setempat,” tutur dr. Nadia. Di kedua website tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Vaksinasi ini akan fokus di provinsi yang ada di Jawa – Bali sehingga vaksinasi ini akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi vaksin yang ada saat ini. EMA yang sejauh ini sudah memberikan lampu hijau untuk empat vaksin virus corona, menambahkan, sejauh ini belum ada permohonan pengajuan izin pemasaran dari Sinovac. Badan urusan obat-obatan Uni Eorpa (European Medicines Agency/EMA), Selasa (4/5), mengumumkan pihaknya telah mulai sebuah kajian terhadap vaksin virus corona Sinovac dari China guna menilai efektivitas dan keselamatannya.

BPOM memiliki hak untuk meninjau atau melakukan evaluasi aspek manfaat dan keamanan vaksin berdasarkan bukti terbaru. Melakukan studi klinis setelah persetujuan guna memastikan efektivitas vaksin dalam pencegahan infeksi virus corona. Mengalami kesulitan berjalan kira-kira 100 sampai 200 meter, atau penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun. Hasil uji klinis tersebut juga melaporkan tidak adanya efek samping serius pada penggunaan vaksin Sinovac untuk lansia. Vaksinasi COVID-19 untuk lansia diperkirakan akan mulai dilakukan pekan depan. Ada dua mekanisme vaksinasi yang akan dilakukan, salah satunya harus mendaftar dulu di website Kementerian Kesehatan RI.

Vaksin bagi lansia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan BPOM mengeluarkan izin vaksin untuk bisa diberikan bagi orang dengan usia di atas 60 tahun yang berdasarkan uji klinis ke 3 di negara-negara di luar Indonesia. Berdasarkan keputusan tersebut, Kementerian Kesehatan akan segera melakukan vaksinasi bagi tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun. Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk “Vaksin untuk Indonesia”. Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju regular baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan psychological. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti “obat” atau “anti-virus”, tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.