Sambut Tahun Baru, Simak 21 Tips Lengkap Mengatur Keuangan

Jika itu terjadi, kamu akan mengalami kesulitan finansial di masa tua nanti, atau saat tidak bisa bekerja. “Jika dalam 3-6 bulan terakhir kamu tak memiliki dana darurat, sebaiknya hentikan sementara kontribusi ke rekening pensiun,” ujar perencana keuangan bersertifikat di Betterment, Nick Holeman. Keuangan yang baik tentunya yang tidak “besar tiang daripada pasak”. Artinya masing-masing pasangan harus menyadari bahwa hidup yang tertib adalah yang terbaik. Bergaya hidup cukup nan mumpuni, tak serta-merta harus terlihat selalu mewah. Pasangan harus mempunyai itikad yang baik guna mengatur keuangan keluarga, terutama para wanita yang memang ditugasi sebagai ‘bos’ keuangan keluarga.

Maka dari itu, kamu harus bisa mengatur keuangan dengan bijak agar tabungan terhindar dari krisis di masa depan. Nah, untuk itu Woop ingin membagikan lima tips dalam mengatur keuangan yang bisa kamu praktekkan. Di period modern seperti sekarang ini, banyak perempuan memiliki karir sukses dan menjanjikan, serta mendapatkan gaji yang Bandar Togel Online besar. Meski keduanya sudah kamu miliki, jangan sampai hal ini malah menjadikan kamu orang yang boros dengan hobi menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Keuangan keluarga dikatakan sehat apabila masih ada dana untuk kebutuhan sehari-hari serta masih sempat menabung. Orang-orang dengan kesuksesan finansial tidak semuanya memiliki penghasilan yang tinggi.

Buka tabungan rekening tambahan sehingga kamu bisa menyisihkan sekitar 5% gajimu untuk dana darurat ini. Karena sebagai calon orangtua atau orangtua baru, kita seringkali tidak menyadari bahwa kehadiran anak bisa membawa kenaikan pengeluaran yang sangat drastis. Dimulai dari pengeluaran untuk biaya rumah sakit selama masa kehamilan dan persalinan, kebutuhan asupan anak, sampai pakaian dan perlengkapan bayi lainnya. Selain itu, jika kita pintar dalam mengatur keuangan sejak masa kecil anak, maka hal ini bisa memudahkan keuangan rumah tangga kedepannya. Menabung di bank dan mengharapkan bunga bukanlah hal yang akan Kania sarankan. Lebih baik gunakan tabunganmu untuk berinvestasi dalam emas atau reksa dana.

Pesan Bahan Baku Supplier restoran & bahan baku segar untuk kebutuhan usaha kuliner Mitra Usaha Gojek. Selain itu, supayacashflowbulanan tetap lancar, jangan tunda untuk bayar aneka cicilan yang Anda punya. Hindari terlalu sering membayar minimum paymentdari complete tagihan, sebab sisa tagihannya akan terakumulasi di bulan depan beserta bunganya. Ini akan membuat pengeluaran Anda di bulan depan bisa jadi dua kali lipat lebih banyak. Kalau sudah membuat daftar prioritas dan alokasi dana untuk tabungan, maka segera masukkan dana tersebut dalam tabungan Anda.

Apabila kamu telah memiliki anak, minimal kamu memliki dana darurat sebanyak dua belas kali dari pengeluaran bulanan. Sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk mulai menerapkan kedisiplinan dalam mengelola keuangan kamu. Pahami dengan seksama perbandingan penghasilan dan kebutuhan hidup kamu.

Tips mengatur keuangan

Dengan Simas TARA, kamu bisa disiplin menabung setiap bulan dengan fitur autodebet. Kamu bisa dapat bunga 5%, nggak perlu bayar biaya administrasi, dan bebas pilih berapa lama waktu menabung sesuai keinginan, mulai dari satu hingga 10 tahun. Hindari untuk menggunakan kartu kredit dalam pembayaran sehari-hari. Kartu kredit memang baik digunakan untuk mendapatkan promo, sehingga kamu bisa membayar lebih murah.

Terakhir, dalam mengatur manajemen keuangan usaha kecil dan menengah pastikan Anda untuk selalu mengawasi arus kas keuangan. Anda pun harus benar-benar jeli melihat kemana arus keuangan usaha selama ini digunakan. Misalnya saja untuk perencanaan keuangan secara harian, mingguan, bulanan atau bahkan tahunan.

Di usianya yang masih 20-an tahun, Kylie sukses menjadi miliarder muda dengan pendapatan sekitar Rp 14 triliun. Pendapatan itu didapat melalui bisnis kosmetiknya yang bernama Kylie Cosmetics. Kepiawaian Kylie dalam berbisnis tentu berhubungan erat dengan cara mengatur keuangan pribadi yang baik sejak remaja hingga sekarang. Tapi untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik, menabung seharusnya semakin banyak jika pendapatan semakin banyak. Sebab kebanyakan yang terjadi, semakin tinggi pendapatan alokasi ke kebutuhan justru semakin banyak.

Setelah rekening dibuat, Anda pun harus berkomitmen tidak akan mencampur kembali uang tersebut. Dikhawatirkan, jika rekening pribadi dan hasil usaha menjadi satu Anda tidak akan mengetahui mana uang untuk usaha dan pribadi. Berikut beberapa kiat dan panduan ringkasnya yang bisa Anda terapkan saat menjalankan usaha kecil agar tidak salah langkah. Jika uang tidak bisa dianggarkan untuk tabungan dan investasi secara bersamaan, anggarkan saja uang untuk investasi karena dengan investasi uang bisa berkembang sementara tabungan tidak.