Ui Gelar Seminar Tantangan Dan Kebijakan Vaksin Merah Putih Untuk Percepatan Penanganan Pandemi Covid

Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti sediakala. Dari sisi kesehatan, program vaksinasi juga berjalan dengan baik, ditambah pula dengan program vaksin mandiri yang akan segera dilakukan. Pada kesempatan berbeda, Komite Penasihat Ahli Imunisasi Soedjatmiko mengungkapkan, dukungan lingkungan sangat diperlukan agar program vaksinasi untuk lansia berjalan lancar. Menurutnya, masih banyak lansia yang tidak mengetahui lokasi layanan vaksinasi, atau keluarga-keluarga yang ragu karena lansia di rumah memiliki komorbid. Dikutip dari The Times, Rabu (5/5), Kepala Petugas Medis untuk Inggris, Chris Whitty, mulai uji coba dua opsi guna mempercepat program vaksinasi nasional.

Opsi pertama adalah memodifikasi vaksin corona secara khusus untuk menangani varian baru. Liputan6.com, Jakarta Sudah setahun berjalan Pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Berbagai upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 terus digalakkan. Selain himbauan dan kampanye untuk terus menjaga protokol kesehatan, vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat juga telah dilakukan. Menurut Rizal, karena vaksin bukan satu-satunya solusi untuk memulihkan ekonomi, pemerintah perlu mengubah strategi penanganan pandemi.

Sinopharm merupakan salah satu merek vaksin yang akan digunakan untuk program vaksinasi gotong royong. Pemerintah menyatakan vaksinasi Gotong Royong diprioritaskan berdasarkan zonasi prioritas untuk menekan penyebaran COVID-19, kemudian berdasarkan perusahaan-perusahaan yang telah mendaftar ke Kamar Dagang dan Industri , dan sektor industri padat karya. Selain itu, Ketua Majelis Wali Agama Hindu Indonesia Provinsi Jawa Tengah Anak Agung Ketut Darmaja mengatakan bahwa pihaknya juga sangat mendukung program mulia pemerintah tentang vaksinasi Covid-19. Pihaknya juga sudah mensosialisasikan program vaksinasi ini ke seluruh Kabupaten Kota.

Awalnya ketika penyebaran COVID-19 mulai merebak, untuk memutuskan rantai penyebaran virus tersebut masyarakat diimbau untuk tinggal di rumah. Langkah selanjutnya akan dilakukan konfirmasi mengenai kondisi kesehatan untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin. Setelah itu tiket QR code akan dibagikan bersama dengan video tutorial bagaimana cara kerja vaksin. Penerima vaksinasi Covid-19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor WA itu dengan mengetik kata kunci ‘vaksin’. Selanjutnya, tenaga kesehatan penerima vaksinasi diminta mengirimkan enam angka terakhir nomor induk kependudukan untuk mendaftar dan tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.

Vaksin dapat menangani Covid

Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi. Selanjutnya bagi warga yang sudah divaksinasi harus bisa menjalankan secara disiplin protokol kesehatan karena vaksinasi bukan menggantikan protokol kesehatan tetapi merupakan bagian dari upaya untuk mengendalikan pandemi Covid-19 sehingga sifatnya melengkapi. Dalam kesempatan ini Daroji menghimbau untuk setiap warga bisa dilayani vaksinasi karena vaksinasi merupakan bagian upaya dari pemerintah dalam menangani kasus pandemi Covid-19.

Meskipun vaksinasi sudah berjalan di kemudian hari, publik tetap wajib mengikuti seluruh perkembangan informasi soal Covid-19 serta menyikapi berita secara bijak. Sudah sepatutnya, pengorbanan dari para pahlawan garda terdepan dalam menangani Covid-19 membuat publik tergerak. Menyadarkan masyarakat bahwa masih banyak orang di luar sana yang sangat membutuhkan berakhirnya masa pandemi. Terlebih, kabar vaksinasi bagi tenaga medis dan pahlawan garda terdepan lainnya seakan mampu memberikan suntikan pengaruh.